OJK Dorong Perbankan di Jateng Siap Hadapi Resesi

Aman Santosa
Kepala OJK Kanreg 3 Jateng-DIY Aman Santosa memberikan penjelasan kepada media terkait strategi dalam menghadapi resesi bagi IJK.

Semarang, Idola 92,6 FM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 3 Jawa Tengah-Yogyakarta meminta industri jasa keuangan (IJK), untuk siap menghadapi kemungkinan jika resesi global benar terjadi.

Kepala OJK Kanreg 3 Jateng-DIY Aman Santosa mengatakan sesuai instruksi dari pusat, OJK yang ada di daerah untuk memersiapkan perbankan seandainya resesi benar-benar terjadi. Pernyataan itu dikatakan usai kegiatan FGD dengan media di Magelang, Kamis (24/11).

Aman menjelaskan, pihaknya akan fokus bagaimana memersiapkan untuk tetap bisa bertahan di tengah ancaman resesi global. Termasuk, memersiapkan sikap dari masyarakat untuk menghadapi kemungkinan adanya ancaman resesi global.

Menurut Aman, saat ini pihaknya sedang melakukan penelitian yang melibatkan Undip dan UNS guna memetakan apa saja tindakan untuk diambil IJK seandainya resesi terjadi.

“Apa sih peran yang harus dimainkan IJK ini supaya tetap mampu menahan kemungkinan tekanan ekonomi dan sekaligus mendorong ekonomi tetap tumbuh. Yang kita lakukan adalah memperkuat bank-bank dari sisi permodalannya,” kata Aman

Lebih lanjut Aman menjelaskan, pihaknya juga akan memetakan daerah-daerah di Jateng-DIY yang saat ini belum terlayani dengan baik dari IJK. Khususnya dalam bidang akses keuangan.

“Yang selama ini terjadi kalau akses keuangan dari IJK rendah, yang masuk itu ilegal tidak resmi. Di situ KSP banyak karena perbankannya kurang aktif,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaRefleksi Hari Guru Nasional: Belajar dari Finlandia, Apa yang Mesti Kita Perbaiki?
Artikel selanjutnyaDinkop Jateng Dorong Pelaku UMKM Penuhi Standar Sertifikasi Produk
Wartawan senior Radio Idola Semarang.