Dinkop Jateng Dorong Pelaku UMKM Penuhi Standar Sertifikasi Produk

Seorang pelaku UMKM
Seorang pelaku UMKM sedang menggarap pesanan pelanggan.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah terus melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM di provinsi ini, agar dari tahun ke tahun pertumbuhannya cukup pesat dan beragam produk yang dihasilkan. Produk UMKM asal Jateng mulai dari produk makanan minuman, fesyen hingga kerajinan tangan atau produk herbal mulai diminati masyarakat.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng Ema Rachmawati mengatakan standar produk yang bermutu dan berkualitas itu, harus mampu dipenuhi para pelaku UMKM dari kabupaten/kota se-Jateng. Guna bisa memenuhi standar yang diharapkan calon pembeli, maka para pelaku UMKM Jateng harus mampu menghasilkan produk bermutu dan berkualitas. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di Semarang, kemarin.

Ema menjelaskan, salah satu yang harus dipenuhi untuk memenuhi standar produk bermutu dan berkualitas adalah penerapan sertifikasi pada setiap produknya. Dengan pendampingan yang telah dilakukan dan diberikan itu, harapannya para pelaku UMKM paham akan pentingnya sertifikasi bagi prodok sebelum dipasarkan atau ditawarkan kepada calon pembeli.

Menurutnya, masyarakat sebagai calon konsumen sudah cerdas di dalam memilih dan menggunakan produk sesuai standar yang diinginkan. Dijelaskan,pelaku UMKM sudah berulang kali mendapatkan pendampingan dan pelatihan tentang tata cara pengurusan sertifikasi.

“Tahun depan yang digenjot adalah sertifikasi produk UMKM. Kita dorong temen-temen UKM untuk mempersiapkan sertifikasi dan kemasan serta kualitas produk untuk bisa ekspor dalam bentuk ritel,” kata Ema di Semarang, kemarin.

Lebih lanjut Ema menjelaskan, pihaknya pada tahun depan juga akan terus memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM untuk semakin intens memerbaiki produk yang dihasilkan.

“Kita juga akan aktif memberi pendampingan dan pelatihan tentang bagaimana memperbaiki kualitas produksi, kemasan dan sertifikasi,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaOJK Dorong Perbankan di Jateng Siap Hadapi Resesi
Artikel selanjutnya11 Dealer Mobil Ramaikan Sauto Expo 2022
Wartawan senior Radio Idola Semarang.