Pemprov Jemput Wisatawan Yang Terjebak Ombak Tinggi di Karimunjawa

KM Kelimutu
KM Kelimutu yang akan menjemput wisatawan yang terjebak di Karimunjawa karena ombak tinggi dan cuaca buruk.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemprov Jawa Tengah bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, akan menjemput 315 wisatawan yang terjebak cuaca buruk dan tertahan di Karimunjawa. Rencana penjemputan akan menggunakan kapal milik Pelni, yaitu KM Kelimutu yang akan berlabuh di Dermaga Legon Bajak.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Jateng Syurya Deta Syafrie mengatakan pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan Ditjen Perhubungan Laut dan juga Pemkab Jepara, untuk menjemput 315 wisatawan yang terjebak di Karimunjawa karena cuaca buruk. Pernyataan itu dikatakan saat dihubungi lewat sambungan telepon, kemarin.

Deta menjelaskan, KM Kelimutu itu seharusnya dari Kumai langsung ke Semarang tetapi dibelokkan singgah di Dermaga Legon Bajak Karimunjawa. KM Kelimutu direncanakan, akan mengangkut wisawatan yang terjebak di Karimunjawa karena cuaca buruk.

Menurutnya, wisatawan sudah diimbau untuk merapat di dermaga pada pukul 15.00 WIB dan kapal merapat sekira pukul 17.00 WIB.

“Kapal Kelimutu tersebut akan singgah ke Karimunjawa dan wisatawan diantar ke Semarang. Kita sudah sampaikan ke para wisatawan koordinasi juga dengan Pemkab Jepara, pukul 15.00 WIB mereka sudah berada di dermaga Karimunjawa. Jadi kita harapkan pukul 18.00 WIB sudah bisa berlayar menuju Semarang,” kata Deta.

Lebih lanjut Deta menjelaskan, saat ini kondisi kesehatan para wisatawan dalam keadaan sehat. Hal itu terjadi karena adanya sinergi dari pihak terkait, termasuk logistiknya.

“Kami mengimbau kepada wisatawan maupun pengelola perjalanan wisata, agar lebih memperhatikan situasi cuaca di perairan Karimunjawa,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaAntisipasi Gangguan Penerbangan, BMKG Pantau Cuaca Ekstrem di Wilayah Semarang
Artikel selanjutnyaMenyatu Dengan Alam, Warung Ini Gunakan Matahari Jadi Sumber Tenaga Listrik
Wartawan senior Radio Idola Semarang.