Penuhi Stok Kantong Darah PMI, BPJS Kesehatan Gelar Donor Darah Masal

Kegiatan donor darah
Pegawai BPJS Kesehatan Cabang Semarang melakukan skrining kepada peserta sebelum mengikuti kegiatan donor darah.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dalam rangka membantu PMI Kota Semarang memenuhi kebutuhan kantong darah, BPJS Kesehatan Cabang Semarang menggelar donor darah masal di kantornya kemarin. Kegiatan donor darah, juga dalam rangka memeringati HUT ke-54 BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang Andi Ashar mengatakan kegiatan donor darah yang dilakukan pihaknya itu, guna membantu menambah ketersediaan jumlah kantong darah di PMI. Aksi donor darah dilakukan secara serentak, dari pusat hingga daerah.

Menurut Andi, kegiatan sosial itu sebagai bentuk kepedulian BPJS Kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan stok darah di PMI.

Andi menjelaskan, dalam aksi donor darah itu pihaknya mengajak peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan warga sekitar.

“Alhamdulillah, antusias peserta cukup baik. Banyak peserta yang berpartisipasi mendonorkan darahnya untuk membantu sesama,” kata Andi.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, seluruh peserta donor darah yang hadir wajib melakukan skrining untuk mengetahui apakah memenuhi persyaratan secara umum. Sebab, pelaksanaan donor darah tidak dapat dilakukan bagi peserta yang memiliki riwayat penyakit khusus atau penyakit paru-paru dan jantung atau kanker.

“Yang punya tekanan darah tinggi, kencing manis, menderita atau pernah menderita Hepatitis B atau C tidak disarankan oleh dokter karena alasan kesehatan.

Salah satu peserta JKN yang mengikuti kegiatan donor darah, Bagus mengaku rutin melakukan donor darah. Dalam lima tahun terakhir ini, dirinya secara periodik melakukan donor darah.

“Saya selalu berusaha menyempatkan diri untuk rutin mendonorkan darah, dampak positifnya tentu membuat kondisi saya tetap fit. Selain itu juga, bisa membantu orang lain yang memerlukan darah dan membantu PMI untuk menyediakan stok darah setiap harinya,” ucap Bagus. (Bud)

Artikel sebelumnyaIkatan Pemulung Dukung Kongres Sampah
Artikel selanjutnyaAturan Baru Pembelian BBM Bersubsidi Demi Cegah Kebocoran