Pergerakan Penumpang di Bandara Ahmad Yani Diperkirakan Naik 146 Persen

Check in di Bandara
Sejumlah penumpang antre melakukan check in di Bandara Ahmad Yani Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang bakal kebanjiran penumpang selama arus mudik Lebaran, dengan perkiraan kenaikan mencapai 140 persen dari periode Lebaran tahun sebelumnya. Diprediksi, puncak arus mudik akan terjadi pada 29 April 2022.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto mengatakan Lebaran pada tahun ini bisa menjadi momentum bagi masyarakat untuk kembali pulang ke kampung halaman, setelah lebih dari dua tahun tidak bisa berkumpul dengan keluarga dan kerabat akibat pandemi COVID-19. Pernyataan itu dikatakan usai pembukaan Posko Angkutan Udara Lebaran, Senin (25/4).

Hardi menjelaskan, Posko Angkutan Udara Lebaran 2022 digelar selama 16 hari mulai 25 April sampai dengan 10 Mei 2022. Sedangkan personel yang terlibat berasal dari Angkasa Pura I, AirNav, Bea Cukai, Imigrasi, TNI/Polri serta dibantu dari kesehatan. Sementara pihak maskapai penerbangan dan pihak ground handling telah melakukan persiapan dalam segi fasilitas, personel, jam operasi dan kapasitas menjaga tingkat layanan.

Menurutnya, karena terjadi pelonggaran kegiatan masyarakat selama Lebaran dari pemerintah ini akan berdampak pada peningkatan volume pergerakan penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

“Kami memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada 29 April, atau H-2 Lebaran. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 8 Mei 2022, atau H+5 Lebaran. Trafik pergerakan pesawat kami proyeksikan mengalami kenaikan sebesar 93 persen, sedangkan pergerakan penumpang diproyeksikan mengalami kenaikan sebesar 146 persen dibanding periode tahun lalu,” kata Hardi.

Lebih lanjut Hardi menjelaskan, pihaknya juga telah menyediakan lima kios layanan check in mandiri yang bisa digunakan para calon penumpang. Hal itu dilakukan, guna menghindari penumpukan calon penumpang di sekitar areal check in.

“Saat ini pergerakan penumpang sudah mulai terjadi kenaikan, antara 1.700-2.000 orang per harinya dari hari biasa. Kami juga menambah jam operasi di bandara dari 07.00-17.00 WIB, menjadi 07.00-19.00 WIB selama Lebaran,” jelasnya.

Sementara, saat masa Lebaran tahun ini sudah ada dua maskapai mengajukan penambahan jadwal sebanyak enam kali penerbangan. Yakni Lion Air sebanyak empat penerbangan, dan Batik Air sebanyak dua penerbangan. (Bud)

Artikel sebelumnyaDukung Penerapan One Way, Pertamina Siagakan 2 Terminal BBM
Artikel selanjutnyaJelang Lebaran, Masyarakat Diimbau Tak Perlu Belanja Berlebihan

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini