Jelang Lebaran, Masyarakat Diimbau Tak Perlu Belanja Berlebihan

Ganjar Pranowo
Gubernur Ganjar Pranowo saat melakukan pemantauan harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional.

Semarang, Idola 92,6 FM – Bulog Jawa Tengah mengajak masyarakat belanja seperlunya saja, dalam menyambut perayaan Idul Fitri tahun ini. Warga diimbau tidak perlu belanja berlebihan, karena pasokan komoditas pangan dalam jumlah yang cukup.

Pemimpin Wilayah Bulog Jateng Akhmad Kholisun mengatakan menyambut perayaan Idul Fitri tahun ini, pihaknya telah menjamin ketersediaan komoditas pangan dalam jumlah yang cukup. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, baru-baru ini.

Akhmad menjelaskan, menjelang Lebaran nanti masyarakat tidak perlu berbelanja berlebihan atau sampai menimbun kebutuhan pokok saat berhari raya. Sebab, stok kebutuhan pokok saat ini di wilayah Jateng dalam kondisi yang aman.

Menurutnya, untuk stok beras terus mengalami pertambahan karena pada Maret-April 2022 masih terjadi panen dengan potensi cukup besar di sejumlah wilayah. Sedangkan gula pasir juga terpantau dalam kondisi stok aman, karena juga mendapat pasokan dari Gendhis Multi Manis (GMM) sebagai anak perusahaan dari Bulog.

“Kami mengimbau kepada masyarakat Jawa Tengah, untuk tenang menjalankan ibadah puasa Ramadan tahun ini. Bulog selaku pengelola pangan, siap untuk mengamankan stok baik itu beras maupun gula pasir dan minyak goreng serta tepung terigu. Kami jamin stoknya cukup sampai untuk kebutuhan Idul Fitri nanti. Jadi tidak perlu melakukan pembelian atau belanja berlebih, belanjalah secukupnya,” kata Akhmad.

Lebih lanjut Akhmad menjelaskan, untuk ketersediaan dan distribusi kebutuhan pokok di Jateng itu pihaknya telah berkoordinasi dengan TNI/Polri maupun pemerintah daerah setempat. Tujuannya, agar kebutuhan pokok masyarakat tidak terhambat selama perjalanan.

“Intinya, stok pangan yang dikuasai dan menjadi kewenangan Bulog cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Jawa Tengah hingga Lebaran,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPergerakan Penumpang di Bandara Ahmad Yani Diperkirakan Naik 146 Persen
Artikel selanjutnyaMudik Irit dan Nyaman dengan Pilihan BBM yang Tepat