Kakorlantas: Mohon Pemudik Tidak Menunggu di Pintu Tol

Petugas kepolisian
Petugas kepolisian mengatur pergerakan kendaraan saat penerapan one way di GT Kalikangkung.

Semarang, Idola 92,6 FM-Korlantas Polri mulai menerapkan sistem satu arah atau one way dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Cikampek, Jumat (6/5). Penerapan one way dilakukan, agar arus lalu lintas di Tol Trans Jawa berjalan lancar.

Kepala Korlantas Irjen Pol Firman Santyabudi mengatakan pihaknya telah menerapkan diskresi kepolisian, dengan mengambil skenario one way dari GT Kalikangkung Semarang menuju Cikampek khusus kendaraan dari arah timur ke Jakarta. Sementara kendaraan dari barat, diarahkan mengambil jalur reguler atau pantura.

Firman menjelaskan, penerapan one way saat arus balik sudah disampaikan sebelum pelaksanaan arus mudik Lebaran tahun ini. Sehingga, masyarakat yang akan pulang ke daerah asal di Jakarta atau Jawa Barat bisa memanfaatkan jadwal atau penerapan one way dengan baik.

Menurutnya, arus balik diperkirakan mencapai puncaknya pada 7-8 Mei 2022 nanti. Sehingga, pihaknya benar-benar akan mengawal dan mengatur pergerakan mobilitas masyarakat.

“Saya perlu sampaikan kepada masyarakat yang mungkin terkena dampak dari penerapan one way ini, mohon sekali lagi pengertiannya. Kita akan bersama-sama di jalan raya, manfaatkan jalur-jalur yang ada. Silakan manfaatkan waktu sore atau malam hari tanpa masuk jalan tol, karena saat itu masyarakat lokal sudah beristirahat dan jalan agak lengang. Jadi tidak usah menggantungkan atau menunggu di pintu-pintu tol yang saat ini sedang kita gunakan one way,” kata Firman.

Lebih lanjut Firman menegaskan, pelaksanaan one way di jalan tol bisa dilakukan selama 24 jam tergantung pada situasi dan kondisi di lapangan. Sehingga, masyarakat tidak perlu menunggu di depan pintu tol.

“Daripada tidak ada kepastian, karena kita juga melihat dinamika di lapangan. Lebih baik ikuti dan patuhi jadwal yang sudah ada, kalau memang landai kita akan berikan relaksasi satu lajur dari barat,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPertamina Pastikan Stok BBM Aman Saat Arus Balik
Artikel selanjutnyaArus Balik, BBM Diperkirakan Naik 45 Persen