Arus Balik, BBM Diperkirakan Naik 45 Persen

Armada Mobil Tangki Pertamina
Armada Mobil Tangki Pertamina saat melakukan perjalanan suplai BBM dari TBBM Pengapon Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah memprediksi, puncak arus balik Lebaran terjadi pada Sabtu (7/5). Sehingga, seluruh pasokan dan stok bahan bakar minyak (BBM) dioptimalkan di seluruh jalur di wilayah Jawa Tengah-Yogyakarta.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan pihaknya mengoptimalkan ketersediaan BBM di jalur tol Trans Jawa yang melintas di wilayah Jateng-DIY maupun di jalur pantura dan selatan. Pernyataan itu dikatakan saat dihubungi, Sabtu (7/5).

Menurutnya, Pertamina memersiapkan berbagai opsi skenario layanan tambahan bagi para pemudik yang melintas di wilayah Jateng-DIY.

“Kami memprediksi, untuk puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada Sabtu (7/5). Konsumsi BBM jenis Gasoline, diprediksi akan mengalami peningkatan hingga 45 persen dari rata-rata harian normal,” kata Brasto.

Lebih lanjut Brasto menjelaskan, saat arus mudik Lebaran kemarin konsumsi BBM tertinggi terjadi pada Minggu (1/5).

“Pertalite dan Pertamax Series pada hari itu naik hingga 56 persen, dari rata-rata harian normal di Maret 2022. Yaitu dari 13 ribu kilo liter menjadi sekitar 20 ribu kilo liter,” jelasnya.

Brasto menyebutkan, ketahanan suplai BBM di wilayah Jateng-DIY ditunjang keberadaan layanan tambahan pengisian BBM. Yakni 16 titik Kiosk Pertamina Siaga di jalur tol Trans Jawa, dan 232 titik SPBU siaga yang melayani 24 jam di jalur-jalur reguler sepanjang jalur arus balik mudik di wilayah Jateng-DIY. (Bud)

Artikel sebelumnyaKakorlantas: Mohon Pemudik Tidak Menunggu di Pintu Tol
Artikel selanjutnya68 Ribu Kendaraan Tinggalkan Semarang

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini