Pertamina Ekspansi Transportasi Kapal Tanker Luar Negeri

Muhammad Irfan Zainul Fikr
Muhammad Irfan Zainul Fikri, Direktur Armada Pertamina International Shipping.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pertamina lewat anak usaha Pertamina International Shipping melayani penyewaan kapal tanker hingga luar negeri. Tercatat, ada 12 negara yang sudah dilayani dan menjadi mitra bisnisnya.

Direktur Armada Pertamina International Shipping Muhammad Irfan Zainul Fikri mengatakan pihaknya tidak hanya melayani penyewaan kapal untuk industri dalam negeri saja, tetapi juga luar negeri. Pernyataan itu dikatakan saat berkunjung ke Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Kamis (27/10).

Irfan menjelaskan, selama ini pihaknya tidak bermain di pelayaran domestik tetapi merambah mancanegara. Sehingga, keuntungan yang didapatkan lebih besar.

Menurut Irfan, setidaknya sudah ada 12 jalur pelayaran internasional yang dilayani Pertamina International Shipping. Beberapa rute pelayaran mancanegara yang dilayani di antaranya ke Uni Emirat Arab (UEA), Amerika Serikat, Potugal, Australia, Malaysia, Singapura, Tiongkok dan Afrika.

Pihaknya menyewakan beberapa tipe kapal tanker juga bagi perusahaan domestik maupun mancanegara. Yakni mulai dari medium tanker, large dan small tanker ke perusahaan minyak asing.

“Operasional kami bukan hanya di domestik, juga di luar negeri. Di Amerika, di Australia dan Eropa kami juga masuk. Karena kapal kami bukan hanya di domestik saja,” kata Irfan.

Lebih lanjut Irfan menjelaskan, pihaknya juga menawarkan kapal-kapalnya untuk mengangkut minyak mentah dari negara lain sebagai mitra bisnisnya.

“Berbicara keuntungan, maka kapal tanker paling besar di atas 50 persen apalagi bisnisnya ke luar negeri,” jelasnya.

Sementara itu Direktur Pemasaran Pertamina Trans Kontinental Imam Bustomi menambahkan, pihaknya juga terus berinovasi agar ekspansi pasar semakin luas.

“Intinya, kami juga memberi dukungan dalam aspek mencapai target bisnis perusahaan,” ujar Imam. (Bud)

Artikel sebelumnyaOJK Bentuk Kades se-Jateng Jadi Agen Literasi Keuangan
Artikel selanjutnyaKurangi Angka Laka Lantas, Polri Kedepankan Sosialisasi dan Edukasi Patuh Aturan di Jalan
Wartawan senior Radio Idola Semarang.