Terbang ke New York, Pertamina Patra Niaga Jadi Finalis Platts Global Energy Awards 2023

Program TJSL
Salah satu program TJSL yang dijalankan di Waduk Cengklik merupakan binaan dari DPPU Adi Sumarmo.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pertamina Patra Niaga lewat program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dijalankan, menjadi salah satu finalis dalam Platts Global Energy Awards 2023 kategori ‘Corporate Impact-Comprehensive Portofolio’ di Cipriani Wall Street, New York, Amerika Serikat.

Program tersebut menghadirkan kebermanfaatan berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Manager CSR & SMEPP PT Pertamina Patra Niaga Sri Nur Hidayati mengatakan pihaknya bersaing dengan berbagai perusahaan terbaik di sektor energi dari berbagai negara, dengan mengangkat cerita kebermanfaatan yang telah diciptakan kepada masyarakat dan lingkungan di sekitar DPPU Adi Sumarmo.

Nur menjelaskan, program pertanian yang dijalankan kepada kelompok masyarakat mampu mendorong adanya sedekah sayur yang dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar lingkungannya.

“Sejumlah program TJSL unggulan yang kami sampaikan di antaranya program Tanjungsari Agroculture yang memberdayakan kelompok rentan perempuan di Desa Tanjungsari berupa pertanian hidroponik dengan memanfaatkan lahan kosong yang sebelumnya tidak teroptimalkan,” kata Nur.

Menurut Nur, program lainnya yang juga unggulan adalah program Sobokerto Mandiri, Waduk Cengklik Lestari (SRIWEDARI).

“Program tersebut berhasil menanggulangi pencemaran lingkungan di Waduk Cengklik yang disebabkan pertumbuhan eceng gondok yang bisa berdampak lebih jauh kepada kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Tidak hanya itu, masyarakat juga berhasil mengolah eceng gondok yang dikumpulkan menjadi energi alternatif berupa biogas untuk memasak dan juga sebagai pupuk organik untuk pertanian,” jelasnya.

Lebih lanjut Nur menjelaskan, DPPU Adi Sumarmo merupakan salah satu lokasi operasi Pertamina Patra Niaga yang telah memeroleh prestasi tertinggi di level nasional di ajang PROPER Kementerian Lingkungan Hidup.

“DPPU Adi Sumarmo telah memperoleh PROPER Emas di tahun 2022 sebagai capaian tertinggi pada ajang tersebut berkat pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat yang terbaik,” ucap Nur.

Sementara Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho menambahkan, pihaknya telah memeroleh enam penghargaan internasional dan sejumlah penghargaan nasional di sepanjang 2023 dari program TJSL yang dijalankan di wilayah Jateng-DIY.

Menurutnya, setiap apresiasi dan penghargaan yang diperoleh Pertamina tidak hanya disematkan kepada perusahaan tapi juga bagi masyarakat dan setiap pihak yang terlibat dalam keberhasilan program TJSL yang dijalankan.

“Di antaranya pada ajang Asia Responsible Enterprise Awards di Kamboja untuk program TJSL Fuel Terminal Rewulu; Global CSR & ESG Award di Vietnam untuk empat program TJSL dari Fuel Terminal Rewulu, Fuel Terminal Boyolali, Integrated Terminal Semarang, dan DPPU Achmad Yani; dan terakhir Global Corporate Sustainability Awards di Taiwan untuk program TJSL DPPU Adi Sumarmo,” ujar Brasto. (Bud)