Refleksi 77 Tahun Indonesia Merdeka Bidang Ekonomi

Ekonomi
ilustrasi/istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Kita berada dalam badai yang sama namun dalam kapal yang berbeda. Begitu mungkin menggambarkan situasi global saat ini. Ketika hantaman badai bernama Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya  berakhir, ternyata, muncul badai yang tak kalah dahsyatnya yakni dampak geopolitik global, dipicu krisis Rusia dan Ukraina sejak Februari 2022 lalu. Akibat krisis berkepanjangan itu, negara-negara di dunia—bahkan negara maju juga terkena imbas kenaikan inflasi.

Atas situasi ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun mengaku cukup khawatir dengan guncangan besar yang terjadi pada perekonomian dunia, akibat kenaikan inflasi. Bagi Menkeu, situasi saat ini, tidak bisa dianggap sepele karena perlu mendapatkan perhatian lebih. Sehingga, Indonesia tidak boleh terlena meskipun saat ini kondisinya masih jauh lebih baik ketimbang negara-negara lain.

Lalu, merefleksi 77 tahun Indonesia Merdeka, bidang ekonomi, apa saja catatan penting yang patut menjadi perhatian serius selama satu tahun belakangan ini? “Membaca” tren dan berbagai kemungkinan ke depan, hal apa saja yang patut kita waspadai mengingat beberapa negara maju saat ini mulai terdampak tingginya inflasi akibat perang Rusia dan Ukraina?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber, Eko Listiyanto , Ekonom/ Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF). (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya:

Artikel sebelumnyaMengenal Alat Aerator Tambak Udang karya Tim Mahasiswa Unsoed Purwokerto
Artikel selanjutnyaRefleksi 77 tahun Indonesia Merdeka, Bidang Hukum