Refleksi 77 tahun Indonesia Merdeka, Bidang Hukum

Hukum
ilustrasi/istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Sejumlah peristiwa hukum terjadi sepanjang tahun 2021 hingga pertengahan 2022. Penegakan hukum, minimnya partisipasi publik dalam penyusunan regulasi,  dan potret pemberantasan korupsi, menjadi hal yang paling disorot dalam dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Pemberantasan korupsi menempati isu paling krusial mendapat sorotan publik. Bahkan, baru-baru ini, Hasil Jajak Pendapat Kompas memperlihatkan, pamor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berada di posisi terendah dalam lima tahun terakhir. Selain itu, salah satu persoalan yang masih menuai protes dan penolakan adalah penyusun Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP). Mengingat, ada puluhan pasal kontroversial yang terkandung di dalamnya—dan mendorong Pemerintah dan DPR membuka ruang partisipasi publik seluas-luasnya.

Lalu, merefleksi 77 tahun Indonesia Merdeka, bidang hukum, apa saja catatan penting yang patut menjadi perhatian serius selama satu tahun belakangan ini? Apa upaya ke depan yang mesti dilakukan Pemerintah sebagai upaya perbaikan?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber Dr Aan Eko Widiarto, Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya:

Artikel sebelumnyaRefleksi 77 Tahun Indonesia Merdeka Bidang Ekonomi
Artikel selanjutnyaRefleksi 77 Tahun Indonesia Merdeka, Bidang Riset
Editor In Chief Radio Idola Semarang.