Seribu Lebih Pesilat Berkompetisi di Ajang Semarang Pencak Silat Open Championship 2022

Dua pesilat
Dua pesilat sedang berlaga di ajang Semarang Pencak Silat Open Championship 2022.

Semarang, Idola 92,6 FM – Tercatat ada 1.371 pesilat dari sejumlah daerah, yang mengikuti Semarang Pencak Silat Open Championship 2022 pada 9-11 September di GOR USM. Para pesilat bertanding di nomor laga atau pertarungan bebas dan seni.

Ketua Panitia Semarang Pencak Silat Open Championship 2022 Sukamto mengatakan kejuaraan silat digelar di empat gelanggang, dengan menggunakan sistem penilaian digital. Sehingga pesilat dan offisial serta penonton, dapat melihat perolehan nilai saat berlaga dari waktu ke waktu. Hal itu dikatakan saat ditemui di lokasi kejuaraan, kemarin.

Sukamto menjelaskan, kegiatan Semarang Pencak Silat Open Championship 2022 digelar untuk memberikan para pesilat pengalaman bertanding cukup banyak. Sedangkan bagi pesilat usia dini dan praremaja, diharapkan bisa memiliki pengalaman berlaga di arena sejak awal.

Menurutnya, dari kejuaraan ini juga bisa memunculkan calon juara yang mewakili sekolah atau universitas hingga daerahnya masing-masing.

“Semarang Pencak Silat Open Championship tahun 2022 tingkat nasional. Tingkat SD, SMP dan SMA sama dewasa. Kita perkirakan pesertanya ada 1.371 orang. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan atlet-atlet Kota Semarang dan nasional biar lebih maju lagi untuk bertanding,” kata Sukamto.

Sementara itu Manajer Tim Pencak Silat SDN Tinjomoyo 01 Semarang Karyadi menyatakan, pihaknya menurunkan 10 pesilat terbaiknya.

Menurutnya, pada 2018 dan 2019 lalu pihaknya mampu menjadi juara umum.

“Semoga tahun ini kami mampu mempertahankan juara. Sebab, latihan kami selama ini terhambat karena adanya pandemi,” ucap Karyadi.

Manager Tim Perguruan Perisai Diri Kabupaten Demak Abdul Ghofar menyatakan, saat ini pihaknya menurunkan 60 pesilat terbaik.

“Ini jadi ajang untuk memperbanyak pengalaman tanding. Itu tujuan utama kami,” ujar Ghofar. (Bud)

Artikel sebelumnyaKenaikan Harga BBM Bisa Picu Inflasi Hingga 1,5 Persen
Artikel selanjutnyaJateng Masuk 5 Besar Nominasi Layanan Investasi 2022