1.152 Pesawat Hilir Mudik Selama Lebaran di Bandara Ahmad Yani

Trubus Suharsono
Trubus Suharsono, Pgs General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mencatat, ada 1.152 pesawat yang lalu lalang selama masa arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Ribuan pesawat itu, mengangkut 147.071 penumpang selama 19 hari pelaksanaan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran sejak 14 April hingga 2 Mei 2023.

Pgs General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Trubus Suharsono mengatakan tercatat ada 137.071 penumpang yang dilayani selama masa arus mudik balik Lebaran 2023 dengan 1.152 pesawat lalu lalang mengangkut penumpang termasuk 544.360 kilogram kargo yang terangkut. Pernyataan itu dikatakan usai penutupan posko Lebaran di Bandara Ahmad Yani, Rabu (3/5).

Trubus menjelaskan, berdasarkan pencatatan data diketahui puncak arus mudik Lebaran terjadi pada 19 April 2023 dengan total penumpang sebanyak 8.830 orang.

Sedangkan untuk puncak arus balik terjadi pada 1 Mei 2023, dengan total penumpang sebanyak 9.318 orang.

Menurutnya, terdapat total realisasi 122 extra flight dari empat maskapai penerbangan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani.

Yakni Lion Air, Wings Air, Super Air Jet dan Garuda Indonesia selama periode arus mudik balik Lebaran tahun ini

“Selama 19 hari periode posko Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani mengalami peningkatan sebesar 32 persen penumpang, 21 persen pesawat dan 34 persen kargo jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Lebih lanjut Trubus menjelaskan, tambahan ekstra flight yang diajukan itu tujuan rute ke Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Pangkalanbun dan Jakarta.

Hal ini menunjukan tren pergerakan trafik yang positif selama masa arus mudik balik Lebaran tahun ini.

“Semoga tren positif ini terus berlanjut pada bulan-bulan berikutnya. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat selama pelaksanaan pokso terpadu ini, sehingga kegiatan penerbangan dapat berjalan aman, nyaman dan lancar,” pungkasnya. (Bud)