Mengenal Tiyuh Pulung Kencana, Desa Mandiri Digital di Lampung

Hendarwan
Hendarwan Kepala Desa Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung. (Dok Doni)

Lampung, Idola 92.6 FM – Di tangan dingin Hendarwan, Desa (Tiyuh) Pulung Kencana menjadi potret desa mandiri digital di Lampung. Tak ada lagi antrean warga di balai desa sejak digitalisasi diterapkan untuk segala urusan.

Sejak dilantik sebagai Kepala Tiyuh Pulung Kencana pada akhir 2018, Hendarwan secara bertahap mengubah sistem pemerintahan di desanya menjadi serba digital. Pemerintahan dijalankan secara terkontrol dalam satu sistem teknologi informasi terpadu melalui situs pulungkencana.desa.id. “Mulai tahun 2020.

Mengurus administrasi di Desa
Warga ketika mengurus administrasi di Desa (Tiyuh) Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung. Di tangan Hendarwan, Tiyuh Pulung menjadi desa mandiri digital sejak 2020. (Dok Doni)

Alasan Lebih cepat, akurat dan prima. Terlebih waktu itu pas pandemi. Bagaimana lebih cepat dan tidak bersentuhan dengan masyarakat,”jelas Hendarwan kepada radio Idola, pagi (03/05) tadi.

Dengan sistem TI yang dimiliki Tiyuh Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung, standar layanan surat-menyurat untuk warga di desa itu bisa diakses dari mana saja. Warga yang membutuhkan surat bisa mengajukan permohonan memalui situs web.” Masyarakat cukup nunggu satu menit untuk mengambil hasil fisiknya,”tambah Hendarwan yang punya cita-cita dipanggil Presiden ke Istana atas torehan prestasi.

Salah satu program desa mendiri digital
Salah satu program desa mendiri digital di Desa (Tiyuh) Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung. (Dok Doni)

Atas inovasinya tersebut, Hendarwan yang juga Ketua Harian Apdesi Kabupaten Tulang Bawang Barat mendapat berbagai penhargaan. Baik di tingkat kabupaten, provinsi, nasional ataupun tingkat Asean.

Juara 1
Salah satu penghargaan yang diterima Hendarwan Tiyuh Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Provinsi Lampung. (Dok Doni)

Selengkapnya, mengenal desa mandiri digital Tiyuh Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Hendarwan, Kepala Tiyuh Pulung Kencana. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: