Ganjar: Dana Desa Harus Bisa Dimanfaatkan Jadi Inovasi Menuju Desa Mandiri

Gubernur Ganjar Pranowo ketika menyerahkan bantuan kepada warga di Wisma Perdamaian, belum lama ini.

Semarang, Idola 92.6 FM – Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan pemanfaatan dana desa tidak hanya sekadar untuk pembangunan infrastruktur saja, melainkan juga sarana prasarana penunjang interaksi bagi warganya. Misalnya pembuatan aplikasi surat menyurat ke kelurahan atau balai desa, yang dilakukan salah satu daerah di wilayah Kedu.

Sebab, jelas Ganjar, pemerintah pusat sudah menggelontorkan banyak dana untuk wilayah perdesaan yang bisa dimanfaaatkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Salah satunya, pemanfaatan dana desa untuk inovasi menuju desa mandiri.

Menurutnya, dengan pemanfaatan dana desa yang diterapkan menjadi teknologi tepat guna bagi masyarakat akan memberikan pelayanan mudah, murah dan cepat di tingkat desa.

“Ketika kita membuat inovasi, justru kita harus memertimbangkan kearifannya. Orang bicara teknologi informasi, nyampe engga di mereka. Maka, ketika kemudian di tingkat lokal teknologi informasi tidak terjangkau harus ada penyampai pesan. Itu harus sampai di sana. Apakah di kelompok pengajian, di PKK atau karang tarunanya mereka bisa sampaikan inovasi ini harus betul-betul berbasis masyarakat dengan kearifan yang dimiliki,” kata Ganjar, Rabu (20/2).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, dana desa tidak otomatis membuat desa itu langsung maju dan tumbuh menjadi desa mandiri jika pemanfaatannya tidak tepat guna. Sehingga, pemerintah desanya harus bisa mengetahui apa yang dibutuhkan warga dengan perencanaan yang matang. (Bud)

Artikel sebelumnyaAnggota Polisi Rentan Terserang Penyakit Jantung, RS Bhayangkara Polda Jateng Sediakan Fasilitas Cath Lab
Artikel selanjutnyaBPJS Kesehatan Dorong Warga Jadi Peserta JKN-KIS

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini