143 Pelaku UMKM Ikuti Banyumas Culture Carnival 2023 di Purwokerto

Banyumas Culture Carnival 2023
Kepala KPw BI Jateng Rahmat Dwisaputra (dua dari kiri) bersam Gubernur Ganjar Pranowo membuka Banyumas Culture Carnival 2023 dengan tema Bursa Koperasi Usaha Kecil Menengah di Purwokerto, kemarin.

Semarang, Idola 92,6 FM – Sebanyak 143 pelaku UMKM yang telah dilakukan kurasi, mengikuti kegiatan Banyumas Culture Carnival 2023 di Purwokerto Kabupaten Banyumas pada 12-14 Mei 2023.

Dari jumlah tersebut ada lima UMKM merupakan besutan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah dan tiga di antaranya menembus pasar Jepang, Belgia, Singapura dan Arab Saudi.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Rahmat Dwisaputra mengatakan pihaknya bersinergi dengan Pemprov Jateng dan BI Purwokerto menyelenggarakan Banyumas Culture Carnival dengan tema “Bursa Koperasi Usaha Kecil Menengah (Bursa KUKM)”. Hal itu disampaikan di Purwokerto, kemarin.

Rahmat menjelaskan, kegiatan Banyumas Culture Carnival 2023 menjadi komitmen dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng dalam mengupayakan pengembangan UMKM semakin maju dan naik kelas.

Rencana ke depan, Bank Indonesia akan terus melaksanakan berbagai program pengembangan ekonomi berbasis UMKM sebagai upaya dalam mendorong sumber pertumbuhan ekonomi baru.

“Kami senantiasa berkomitmen untuk mendorong UMKM menjadi semakin naik kelas dan berorientasi ekspor. Salah satunya adalah dengan melaksanakan kurasi produk hingga onboarding kepada UMKM, sehingga nantinya produk-produk UMKM tersebut sesuai dengan standar dan selera pasar baik nasional maupun internasional,” kata Rahmat.

Lebih lanjut Rahmat berharap, dari kegiatan Banyumas Culture Carnival 2023 bisa menjadikan produk-produk UMKM Jateng yang dipamerkan semakin banyak.

Selain itu, akan semakin banyak transaksi dan pemesanan ulang dari pembeli termasuk mampu menembus pasar luar negeri.

“Jadi kalau UMKM kita bisa go international, maka akan menginspirasi pelaku UMKM lain agar bisa maju seperti mereka,” pungkasnya. (Bud)