Amin Kharudin, Pejuang Pendidikan dari Lampung

Amin Khaerudin
Amin Khaerudin “Amkha” Pejuang Pendidikan dan Perintis SMK Yasfika Kalirejo Lampung Tengah. Atas kepeduliannya di bidang pendidikan, ia dinobatkan sebagai juara pertama Pemuda Pelopor 2023 bidang pendidikan.(Dok Amkha)

Lampung Tengah, Idola 92.6 FM-Selain merintis dan mengelola sebuah sekolah swasta, anak muda satu ini juga mengajar dan membina organiasi-organisasi kepemimpinan, kepanduan, dan juga bela Negara bagi anak muda. Ia tercatat sebagai relawan literasi Lampung dan juga pendiri berbagai organisasi dan kegiatan yang kependidikan yang dikemas dengan advokasi Be Your self.

Sosok itu adalah Amin Khaerudin atau akrab dipanggil Amkha, pejuang pendidikan dan perintis SMK Yasfika Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung.

Tak hanya itu, Amkha juga mendirikan pasukan siger emas pada tahun 2014, rumah baca sahabatku pada tahun 2020, dan Arjusaka pada 2021. Sebelumnya pada tahun 2019, ia mendirikan class public speaking dan modeling serta sanggar tari dan masih banyak lagi organisasi yang didirikan.

Amin Khaerudin_act
Amin Khaerudin “Amkha” Perintis SMK Yasfika Kalirejo Lampung Tengah dengan kegiatannya.(Dok Amkha)

Menurut Amkha, apa yang ia lakukan tak lepas dari latar belakang waktu kedua orang tuanya berpisah. Meski menyandang sebagai anak broken home, tapi Amkha punya semangat dan motivasi untuk masa depan anak-anak di sekitarnya. Ia terjun dan aktif berorganisasi supaya bermanfaat bagi orang lain dan juga harus bisa menginspirasi bagi anak-anak yang bernasib sama.”Karena saya juga ingin membuktikan, kita bisa mendapatkan hak dan juga sesuatu yang sama dengan yang lain. Dari hal tersebut semangat itu tumbuh, selalu aktif di organisasi, dan juga kegiatan sosial dan pada akhirnya saya terjun sampai dengan di perintisan sekolah ini,”tutur pemuda yang lahir pada Desember 1997 itu, kepada radio Idola, pagi (10/11) tadi.

Menurut Amkha, SMK Yasfika Kalirejo didirikan untuk memberikan tempat pendidikan bagi pelajar dengan biaya terjangkau dengan beberapa program beasiswa seperti gratis bagi anak yatim piatu, beasiswa juara kelas, dan beasiswa pelajar berprestasi.”Untuk anak-anak yatim piatu gratis, baik biaya dan seragam,”tambah Amkha.

Amin Khaerudin_act
Amin Khaerudin “Amkha” juga mendirikan pasukan siger emas pada tahun 2014, rumah baca sahabatku pada tahun 2020, dan Arjusaka pada 2021.(Dok Amkha)

Tak hanya itu, Amkha mencetak kader-kader generasi muda dalam melanjutkan estafet kepeloporan di dunia pendidikan. Saat ini lebih dari 50 kader aktif membina di sekolah dan di luar sekolah yang ada di Lampung hingga luar Lampung dengan ribuan pelajar yang dibina setiap tahunnya.

Atas kepeduliannya di bidang pendidikan, ia dinobatkan sebagai juara pertama Pemuda Pelopor 2023 bidang pendidikan. Selain itu, sejumlah prestasi juga dikantonginya, antara lain Juara 1 Duta Konsumen Cerdas, Mahasiswa Teladan, dan Duta Ekowisata Nasional.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Amin Khaerudin “Amkha” pejuang pendidikan dan perintis SMK Yasfika Kalirejo Lampung Tengah. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: