Bagaimana Terobosan yang Mesti Dilakukan dalam Menguatkan “Fondasi Dasar Pendidikan”

Literasi, Numerasi, dan Karakter

Asesmen Nasional 2021
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Berdasarkan hasil Asesmen Nasional 2021, pendidikan di sekolah-sekolah belum memenuhi harapan dalam penguasaan “fondasi dasar” seperti literasi, numerasi, dan karakter. Sekolah terus menerus dijejali berbagai program dan kebijakan dari Pusat dan Daerah yang sering kali tak sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah.

Hal itu membuat banyak sekolah, guru, dan komunitas pendidikan bergerak secara sukarela. Mereka membuat dan mempraktikkan aneka macam inovasi sistem pembelajaran. Hal itu dilakukan untuk mengatasi ketertinggalan pendidikan di masing-masing lingkungan pendidikan mereka.

Lalu, bagaimana sebenarnya kondisi aktual kualitas pendidikan kita sekarang? Apa terobosan yang mesti dilakukan untuk menguatkan fondasi dasar Pendidikan di sekolah seperti literasi, numerasi, dan karakter? Bagaimana meningkatkannya? Apa yang mendesak segera dilakukan dalam rangka menjemput Generasi Emas 2045?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, nanti kami akan berdiskusi dengan narasumber, yakni: Mohammad Abduh Zein (Praktisi Pendidikan dari Universitas Paramadina Jakarta) dan Dr Jejen Musfah, M.A (Pengamat pendidikan/ Wasekjen PB PGRI). (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: