Bagaimana Mengenal Gejala Hipoglikemia bagi Klien Diabetes Melitus?

Ilustrasi Hipoglikemia
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Hipoglikemia merupakan turunnya kadar gula rendah bagi klien diabetes melitus. Hipoglikemia merupakan kondisi serius yang dapat terjadi pada penderita diabetes melitus.

Hal itu disampaikan oleh Dr Arwani, Wakil Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah dan Dosen Poltekes Kemenkes Semarang. Menurut Arwani, ada beberapa cara untuk mengenali gejala hipoglikemia pada penderita diabetes:

  1. Perhatikan gejala fisik, seperti: berkeringat, rasa lapar, gemetar, lelah, pusing, jantung berdebar dan mungkin nafas menjadi pendek, serta kebingungan.
  2. Gunakan alat tes gula darah untuk meyakinkan bahwa kadar gula darah penderita diabetes lebih rendah dari pada biasanya.
  3. Perhatikan waktu terjadinya gejala. Beberapa penderita diabetes melitus, mungkin mengalami gejala hipoglikemia setelah melakukan aktivitas fisik.
  4. Konsultasikan pada tenaga kesehatan untuk menentukan pengelolaan diabetes lebih lanjut.

Selengkapnya, berikut ini tips “Hidup Sehat dengan Nasihat Perawat” yang dipersembahkan oleh PPNI Jawa Tengah. Kali ini, nasihat disampaikan oleh Dr Arwani, Wakil Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah dan Dosen Poltekes Kemenkes Semarang. (ast/her)

Simak tipsnya: