Mencegah Stres pada Klien Diabetes

Stress
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Kejadian stres atau bahkan depresi pada klien diabetes melitus cukup tinggi. Kisarannya, 20 hingga 30 persen. Stres pada klien diabetes melitus utamanya dipicu klien harus mengatur pola makan, rutin berolahraga, mengukur gula darah dan meminum obat secara teratur.

Stres jika tidak dikelola dengan baik, dapat memperburuk kondisi diabetes melitus. Agar klien diabetes terhindar dari stres, maka mereka dapat melakukan beberapa cara antara lain:

  1. Mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang serta menjaga pola makan tetap teratur setiap hari.
  2. Melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang sesuai dengan kondisi tubuh klien diabetes.
  3. Mengatur jadwal istirahat dan mengupayakan istirahat dengan cukup agar tubuh dan pikiran dapat terkondisikan kembali.
  4. Mengelola waktu dengan baik agar tidak terjadi tekanan secara berlebihan.
  5. Meluangkan waktu untuk diri sendiri dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, seperti membaca buku atau menonton TV.
  6. Mencari dukungan yang positif, baik dari keluarga, teman, atau bahkan bergabung dengan kelompok yang sama.
  7. Teratur minum obat sesuai petunjuk tenaga kesehatan.

Selengkapnya, berikut ini tips “Hidup Sehat dengan Nasihat Perawat” yang dipersembahkan oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah. Kali ini, nasihat disampaikan oleh Dr Arwani, Wakil Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga PPNI Jawa Tengah dan Dosen Poltekes Kemenkes Semarang. (ast/her)

Simak tipsnya: