Mengenal Widi Astiyono, Guru SDN 2 Plososari Patean Kendal Penggagas Sagusavi

Widi Astiyono
Widi Astiyono, Guru SDN 2 Plososari Patean Kendal Penggagas Sagusavi bersama Nadiem Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi RI.(Dok Widi)

Kendal, Idola 92.6 FM – Pada 2014 sosok guru satu ini merintis pembuatan film pendek untuk video pembelajaran. Sejak itu, dia konsisten mengembangkan film pendek sebagai video pembelajaran. Yakni, untuk jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK.

Sosok itu adalah Widi Astiyono, guru SD Negeri 2 Plososari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal yang berhasil mendirikan Sagusavi atau satu guru satu video. “Berawal dari hobi pada 2009. Mulai belajar intens bikin video klip sendiri 2012. Tahun 2014 bikin film pendek untuk pembelajaran,”tutur Widi kepada radio Idola, pagi (02/05) tadi.

Widi Astiyono
Widi Astiyono, Guru SDN 2 Plososari Patean Kendal Penggagas Sagusavi. (Dok Widi)

Kang Widi–begitu ia biasa disapa, pada 2018 mendapat kesempatan untuk mempresentasikan Kanal Sagusavi ini di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta. Ia kemudian melaksanakan pelatihan Sagusavi secara daring. Bahkan, pesertanya guru dari berbagai daerah di Indonesia. “Ketika pandemi, pada bulan Juni 2020–ada webinar dan yang ikut 4 ribu peserta,”tambah Kang Widi, guru pendidikan agama Buddha asal Temanggung tersebut.

Widi Astiyono
Widi Astiyono saat memberikan pelatihan kepada guru tentang Sagusavi. Kegiatan yang dilakukan berawal dari hobi sejak 2009 lalu, diminati banyak guru dari semua jenjang sekolah. Mulai dari guru TK, SD, SMP, SMA dan SMK.(Dok Widi)

Berkat ketekunannya dalam memberikan tips dan trik melalui Sagusavi, Kang Widi berhasil mendapat berbagai penghargaan. Di antaranya, Apresiasi Guru dan Kepala Sekolah Pendidikan Dasar kategori 5 Terbaik Guru SD Inspiratif Tahun 2020 dari Kemdikbudristek RI, Anugerah ASN kategori 6 Terbaik ASN Inspiratif Tahun 2021 dari KemenPAN-RB, dan Apresiasi Cerdas Berkarakter kategori Sosok Inspiratif Cerdas Berkarakter Tahun 2022 dari Pusat Penguatan Karakter (PUSPEKA) Kemdikbudristek.

Widi Astiyono
Widi Astiyono bersama bupati Kendal. (Dok Widi)

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Widi Astiyono, guru SD Negeri 2 Plososari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal Jawa Tengah yang berhasil mendirikan Sagusavi. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: