BPJS Kesehatan Terus Dengungkan Transformasi Mutu Layanan

HUT ke-55 BPJS Kesehatan
Dirut BPJS Kesehatan Ghufron Mukti saat merayakan HUT ke-55 BPJS Kesehatan bersama jajaran direksi.

Semarang, Idola 92,6 FM – Memeringati Hari Jadi ke-55, BPJS Kesehatan mengambil tema “Tranformasi Mutu Layanan, Komitmen Bersama Demi Kesejahteraan Bangsa”.

Hal itu sebagai upaya untuk menggaungkan upaya transformasi mutu layanan, baik internal BPJS Kesehatan maupun seluruh stakeholder terkait.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti mengatakan sesuai amanat undang-undang, BPJS Kesehatan mengimplementasikan cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage) bagi seluruh masyarakat Indonesia. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, kemarin.

Menurut Ghufron, pengelolaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mendapatkan tantangan baru dalam meningkatkan mutu layanan.

Selama hampir satu dekade ini, tuntutan masyarakat terhadap kualitas layanan program JKN juga semakin meningkat.

Ghufron menjelaskan, program JKN bersama dengan BPJS Kesehatan tidak berhenti melakukan perbaikan-perbaikan dan inovasi untuk meningkatkan kualitas dari berbagai sisi.

“Memaknai HUT ke-55 tahun ini dan hampir 10 tahun implementasi program JKN, kami mengapresiasi perjuangan semangat kolaborasi seluruh elemen dan pemangku kepentingan yang telah berkontribusi positif atas suksesnya penyelenggaraan program JKN bagi penduduk Indonesia. Setelah hampir 10 tahun lalu berjuang melalui transformasi dari PT Askes (Persero) menjadi BPJS Kesehatan dengan segala dinamika yang terjadi, sehingga penyelenggaraan program JKN tetap sustain. Maka saat ini BPJS Kesehatan kembali melakukan transformasi,” kata Ghufron.

Lebih lanjut Ghufron menjelaskan, BPJS Kesehatan juga melakukan berbagai terobosan untuk memberikan kemudahan serta mutu layanan kepada peserta.

BPJS Kesehatan meluncurkan sejumlah program untuk kemudahan peserta hingga ke tingkat desa.

Termasuk Simplifikasi Layanan Kantor Cabang yang telah dilakukan untuk memangkas waktu tunggu dan memercepat proses layanan, serta menyediakan fungsi Service Officer secara mobile dan berbagai layanan unggulan teknologi informasi yang mendukung implementasi program JKN.

“Kami juga meluncurkan wajah terbaru website BPJS Kesehatan untuk kemudahan masyarakat memperoleh informasi,” pungkasnya. (Bud)