Dukung Net Zero, XL Axiata Jadi Baian Kadin Net Zero Hub

Shinta Kamdani
(Kika) Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia Shinta Kamdani dan Chief Corporate Affairs XL Axiata Marwan Baasir menandatangani nota kerja sama yang menandai XL Axiata sebagai anggota Kadin Net Zero Hub.

Semarang, Idola 92,6 FM-Dalam upaya mendukung perusahaan nasional bertransisi menuju Net Zero, XL Axiata kini menjadi bagian Kadin Net Zero Hub.

XL Axiata bertekad, untuk mencapai emisi karbon net-zero paling lambat pada 2050 mendatang.

Chief Corporate Affairs Officer XL Axiata Marwan Baasir mengatakan sejak 2019 lalu, pihaknya secara aktif menghitung emisi karbon yang mencakup kegiatan operasional langsung termasuk konsumsi listrik. Hal itu disampaikan usai penandatanganan kerja sama dengan Kadin, belum lama ini.

Marwan menjelaskan, kerja sama dengan Kadin sebagai wadah bagi XL Axiata untuk melakukan pertukaran ilmu dan informasi serta memerluas wawasan dan juga berbagi sumber daya dalam rangka mewujudkan ekosistem rendah emisi di Indonesia.

Bergabungnya XL Axiata, searah dengan tujuan untuk menjadi perusahaan telekomunikasi di Indonesia yang memerhatikan prinsip keberlanjutan dalam bisnis.

“Dalam operasional sehari-hari, XL Axiata juga telah menerapkan sejumlah inisiatif. Antara lain penerapan konsep outdoor dalam penempatan perangkat, yang bertujuan meningkatkan efisiensi bisnis dan kelestarian lingkungan. Selain itu, XL Axiata juga melibatkan supplier dan partners di mana sekitar 75 persen dari top spenders juga telah mendukung target net zero emission,” kata Marwan.

Sementara itu Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi dan Luar Negeri Kadin Indonesia Shinta Kamdani menambahkan, Kadin Net Zero Hub dilatarbelakangi dampak perubahan iklim dan untuk mendukung target pemerintah menurunkan emisi gas rumah kaca dan mencapai Net Zero Emission pada 2060 mendatang.

Kadin Net Zero Hub membangun ekosistem bisnis yang berkelanjutan, dengan membantu sektor swasta Indonesia merealisasikan komitmen net zero dan meningkatkan daya saing di pasar global.

“Dengan masuknya XL Axiata sebagai anggota, Kadin Net Zero Hub bisa semakin solid. Dalam mendorong networking dan kolaborasi antar-anggota, dan juga dengan mitra pendukung lainnya,” ucap Shinta.

Lebih lanjut Shinta menjelaskan, program net zero merupakan salah satu komitmen bersama yang harus terus menerus dikemukakan dan setiap lapisan pelaku bisnis harus dapat memberikan kontribusi di dalamnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenyoroti Gugatan Batas Usia Minimal Capres-Cawapres
Artikel selanjutnyaMasyarakat Jateng Semakin Mudah Akses Layanan Publik