Dukung Program Kendaraan Listrik, PLN Siapkan SPKLU di Sejumlah Titik

SPKLU
Seorang pemilik mobil listrik saat mengisi daya di SPKLU.

Semarang, Idola 92,6 FM-Guna mendukung kebijakan pemerintah dalam pencapaian Net Zero Emission (NZE) 2060 mendatang, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-Yogyakarta telah menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sejumlah titik.

Hal itu menegaskan, PLN siap dan ikut mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik.

General Manager PLN UID Jateng-DIY Soffin Hadi mengatakan pihaknya telah membangun 31 SPKLU, dengan 45 unit EV Charger yang terpasang dan tersebar di 22 kabupaten/kota di wilayah Jateng-DIY. Hal itu dikatakan saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

Soffin menjelaskan, SPKLU PLN dalam periode September 2023 kemarin telah berhasil memenuhi kebutuhan pengisian daya sejumlah 1.047 kali dengan total 24.739 kWh.

Hal tersebut merupakan bukti nyata, PLN hadir untuk negeri melalui berbagai peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Soffin, total SPKLU yang ada di luar jalan tol ada 27 unit.

Keberadaan SPKLU bisa dilihat dan diketahui, melalui PLN Mobile.

“Untuk SPKLU di seluruh rest area, baik di jalur A maupun jalur B sepanjang Jakarta sampai Surabaya itu tersedia. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir kalau berkendara dengan mobil listrik, berhenti di rest area pasti sudah aman,” kata Soffin.

Lebih lanjut Soffin menjelaskan, belum lama ini dirinya meresmikan SPKLU di Kota Magelang.

Keberadaan SPKLU yang baru dibangun dan diresmikan itu, akan menambah keyakinan masyarakat dalam melakukan pengisian daya listrik.

“Rencana bulan depan nambah satu lagi di Yogyakarta,” pungkasnya. (Bud)