Empat Hari, 28 Ribu Lebih Pemudik Padati Bandara Ahmad Yani

Hardi Ariyanto
Hardi Ariyanto, GM Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Posko terpadu di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mencatat, selama empat hari menjelang Lebaran sudah ada lebih dari 28 ribu pemudik dilayani.

Hal itu menunjukkan, animo masyarakat pemudik menggunakan moda transportasi pesawat terbang saat Lebaran masih cukup tinggi.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto mengatakan 28 ribu lebih pemudik itu, dilayani 246 pesawat dari berbagai maskapai penerbangan. Pernyataan itu dikatakan melalui siaran pers secara daring, kemarin.

Menurut Hardi, selama empat hari pelaksanaan posko terpadu angkutan udara saat Lebaran terjadi peningkatan dibandingkan rerata harian normal.

Hal itu menunjukan adanya pertumbuhan positif sebesar 38 persen untuk penumpang, dan 18 persen untuk pesawat dibanding periode yang sama Lebaran tahun kemarin.

Hardi menjelaskan, hingga saat ini pergerakan trafik tertinggi untuk penumpang dan pesawat terjadi pada 15 April 2023 kemarin.

Total pergerkan penumpang sebanyak 7.318 orang, dan pergerakan pesawat sebanyak 64 pesawat.

“Setelah empat hari melaksanakan posko terpadu, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang telah melayani total pergerakan penumpang sebanyak 28.048 orang. Dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 11.080 orang, dan penumpang datang sebanyak 16.968 orang. Hal ini menunjukkan tren pertumbuhan positif jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu di mana terjadi peningkatan pergerakan penumpang sebesar 38 persen,” kata Hardi.

Lebih lanjut Hardi menjelaskan, untuk pergerakan kargo juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Pergerakan kargo tertinggi terjadi pada 16 April 2023, dengan total pergerakan sebanyak 62.890 kilogram.

“Pergerakan kargo ini meningkat 54 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. (Bud)