Volume Lalin di Kalikangkung Naik Hampir 300 Persen

Gerbang Tol Kalikangkung
Sejumlah kendaraan saat melintas mendekati Gerbang Tol Kalikangkung.

Semarang, Idola 92,6 FM – Jumlah kendaraan yang masuk di Gerbang Tol Kalikangkung meningkat 300 persen, pada Selasa (18/4) atau H-3 Lebaran kemarin.

Persentase peningkatan tersebut dihitung, dengan metode kendaraan yang melintas per satu jam.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan skema lalu lintas sudah diterapkan, untuk mencegah terjadinya kemacetan di ruas jalan tol. Hal itu dikatakan saat meninjau di Gerbang Tol Kalikangkung, kemarin.

Kapolri menjelaskan, Korlantas Polri mulai memberlakukan skema one way atau satu arah di ruas tol Cipali KM 72 hingga Gerbang Tol Kalikanglung KM 414.

Apabila masih terjadi kepadatan walaupun telah diberlakukan arus satu arah, sistem tersebut akan diperpanjang dari Kalikangkung sampai Bawen di Kabupaten Semarang.

Menurut kapolri, jajaran Polda Jawa Tengah harus mampu menyiapkan skema dan rekayasa lalu lintas berkaitan dengan penerapan one way lokal.

“Telah terjadi peningkatan hampir mendekati 300 persen. Dari batas normal 10 ribu kendaraan per jam, saat ini sudah masuk di angka 30 ribu kendaraan atau mendekati 300 persen. Diperkirakan akan mencapai puncaknya nanti malam dan besok. Tahun lalu bisa mencapai angka 60 ribu kendaraan per jam,” kata kapolri.

Lebih lanjut kapolri menjelaskan, guna mengantisipasi kepadatan dan penumpukan kendaraan di ruas jalan tol telah diterapkan konsep one way atau satu arah dari Jakarta menuju Semarang.

Rekayasa lalu lintas yang dilakukan aparat kepolisian bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan dan pengelola jalan tol tersebut, tentu memberikan dampak bagi pemudik tujuan barat.

“Kami harapkan Polda Jawa Tengah dan Korlantas bekerja sama dengan teman-teman media, untuk sosialisasi terkait perubahan rekayasa yang dilakukan. Tujuannya, agar masyarakat bisa mengetahui dan mengerti serta tidak terjebak pada saat proses rekayasa tersebut diberlakukan,” pungkasnya. (Bud)