Galeri Halal Jadi Tempat Konsultasi Pelaku UMKM di Jateng

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemprov Jawa Tengah menjadikan Galeri Halal sebagai tempat berkonsultasi, bagi para pelaku UMKM untuk menuju dan mengurus produk halal.

Bahkan, masyarakat yang mencari produk-produk halal bisa mendatangi Galeri Halal di Gedung Dekranasda dan Pramuka Jateng.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng Sudjarwanto Dwiatmoko mengatakan Galeri Halal merupakan wujud nyata keberpihakan pemerintah, terhadap keberlangsungan wisata halal di provinsi ini. Hal itu dikatakan saat ditemui di Gedung Despra, baru-baru ini.

Menurut Sudjarwanto, jumlah umat Islam yang cukup banyak dapat menggerakkan sektor ekonomi di Jateng.

Oleh karena itu, produk halal akan menjadi potensi wisata yang bisa dikembangkan.

Sudjarwanto menjelaskan, adanya Galeri Halal menjadi fasilitas bagi produk UMKM menuju ekonomi syariah.

“Ekonomi yang basisnya untuk menjaga agar pariwisata ramah muslim itu terjadi. Jadi akhirnya Galeri Halal ini di samping menyediakan produk-produk syariah berupa makanan atau minuman dan sebagainya tapi juga sebagai tempat konsultasi bagaimana menuju produk halal,” kata Sudjarwanto.

Lebih lanjut Sudjarwanto menjelaskan, Galeri Halal juga memberikan fasilitasi konsultasi untuk mengurus sertifikasi halal bagi produk UMKM.

Harapannya, Galeri Halal ini menjadi tempat bagi pelaku UMKM berkonsultasi bagaimana menuju produk halal.

“Bagi masyarakat yang mencari produk makanan dan minuman serta pakaian yang halal bisa ke Galeri Halal. Ini adalah mulainya ekonomi sirkular Jawa Tengah, di samping mendorong ekonomi syariah berkembang di Jawa Tengah,” pungkasnya. (Bud)