Hanya Jualan Tahu Bakso, Bisa Rambah Pasar Amerika

Ika Yuanita
Ika Yuanita, Pemilik Kingkaf Makmur Sejahtera menjelaskan soal produk buatannya.

Semarang, Idola 92,6 FM – Hanya berjualan tahu bakso dan sale pisang, wanita asal Semarang mampu merambah pasar Amerika Serikat dan Jepang.

Kingkaf Makmur Sejahtera merintis usaha sejak 2017, dan kini mulai menikmati hasil berkat bantuan dari Pemprov Jateng.

Pemilik Kingkaf Makmur Sejahtera Ika Yuanita mengatakan produk buatannya paling banyak diminati adalah tahu bakso, pisang sale dan teh rempah serta fermentasi rempah jahe dengan lemon. Hal itu dikatakan saat ditemui di sela pameran di Galeri Halal Semarang, pekan kemarin.

Menurutnya, Pemprov Jateng memberikan fasilitas yang cukup banyak didapat dan dirasakan.

Mulai dari perizinan dari awal semisal Nomor Induk Berusaha (NIB), Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) sampai sertifikat halal dan juga HaKI.

Ika menjelaskan, dukungan yang diberikan juga meliputi pembiayaan dan juga pelatihan sampai pengemasan produk agar diterima konsumen.

Dari hasil pendampingan dan juga pemberdayaan atau bantuan yang diberikan pemprov itu, memberikan dampak luar biasa bagi usahanya.

“Kalau yang sudah ada di galeri sini (Galeri Halal) ada produk kopi dan tahu bakso. Keunggulan untuk kopi, saya menggunakan kopi yang petik merah dari Kabupaten Batang dan diolah secara natural. Kalau yang tahu bakso kita sudah menggunakan teknologi ritot yang dalam prosesnya meng-nol-kan mikroba. Jadi memampukan produk itu disimpan di suhu ruang mencapai delapan bulan tanpa menggunakan lemari pendingin atau freezer,” kata Ika

Lebih lanjut Ika menjelaskan, dari pelatihan maupun pendampingan yang diberikan pemprov itu membuat dirinya lebih paham tentang produk yang disukai konsumen serta berkualitas.

Dengan manfaat yang didapat itu, dirinya tidak takut jika harus bersaing dengan pasar modern.

“Untuk pemasarannya belum, tapi sedang mengarah ke sana. Saat ini baru ke Amerika, Jepang, Australia dan Malaysia,” pungkasnya. (Bud)