Ingat, Cuaca Masih Panas Jaga Kesehatan

Nana Sudjana
Nana Sudjana, Pj Gubernur Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemprov mengimbau masyarakat, agar tidak terlalu sering beraktivitas di luar ruangan saat kondisi dengan suhu udara cukup panas.

Masyarakat diimbau tetap menjaga kesehatan, dan yang terpenting tetap melakukan penghijauan atau reboisasi.

Pj Gubernur Nana Sudjana meminta masyarakat, agar menjaga kesehatan di tengah cuaca panas yang melanda Jateng akhir-akhir ini. Hal itu dikatakan usai melantik Bupati Pemalang Mansur Hidayat di Gradhika Bhakti Praja, Senin (9/10).

Nana menjelaskan, fenomena El Nino yang berdampak pada musim kemarau menyebabkan cuaca panas di Jateng mencapai 38 derajat dan diperkirakan sampai November 2023 mendatang.

Karena merupakan faktor alam, masyarakat diimbau untuk tetap menjaga kesehatan dan jangan memaksakan diri dengan situasi saat ini.

“Ini faktor alam, kita harus meningkatkan lagi masalah reboisasi. Situasi ke depan perlu dijaga. Kita mulai menanam kembali tempat-tempat atau lahan-lahan untuk ditanami tumbuhan. Sehingga kualitas udara menjadi lebih baik,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana meminta kepada seluruh bupati/wali kota di Jateng untuk menerapkan skala prioritas bantuan air bersih.

Pemkab/Pemkot harus mampu memetakan daerah rawan kekeringan, guna menentukan skala prioritas sasaran bantuan air bersih.

Sebab, sejumlah daerah di Jateng sudah banyak yang mengalami kekurangan air bersih akibat kemarau panjang.

“Saya minta betul-betul dipetakan. Segera bantu. Koordinasi dengan PDAM ataupun sumber lain. Segera. Jadi itu tugas kita semua untuk memberi pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaHanya Jualan Tahu Bakso, Bisa Rambah Pasar Amerika
Artikel selanjutnyaJelang Putusan MK tentang Uji Materiil Batas Usia Capres-Cawapres: Apa Saja Implikasinya Seandainya Dikabulkan atau Tidak?