Hetero Space Jadi Wadah Cetak Entrepreneur Muda Berbakat

Pelaku UMKM kerajinan batik
Pelaku UMKM kerajinan batik sedang mencanting barengan.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah terus memberikan fasilitas atau inkubator bagi calon entrepreneur muda maupun pelaku UMKM, yang akan mengembangkan bisnis dan bakat usahanya.

Salah satunya melalui pembukaan hetero space yang ada di sejumlah wilayah di Jateng.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng Ema Rachmawati mengatakan saat ini ada tiga hetero space yang ada di provinsi ini, dan diminati para calon entrepreneur muda maupun pelaku usaha UMKM. Hal itu dikatakan saat ditemui di hetero Space di Banyumas, baru-baru ini

Ema menjelaskan, ketiga hetero space itu ada di Kota Semarang dan Kota Surakarta serta di Kabupaten Banyumas. Hetero Space yang ada di Banyumas disokong BUMN dan juga BUMD.

Kehadiran hetero space telah memberikan dampak kepada 500 komunitas yang ada di Jateng.

Menurut Ema, ada 100 perusahaan yang telah berkolaborasi dengan hetero space.

Sementara ada lebih dari 15 ribu pelaku UMKM dan start up yang telah mengikuti 2.500 program.

“Jadi ini potensi yang sangat besar karena kesempatan sangat luas, mau jadi apa dibanding Solo kan kecil. Ini lebih untuk layanan digital. Setiap minggu nanti ada kegiatan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dengan BI yang akan menyelenggarakan kegiatan setiap bulan,” kata Ema.

Lebih lanjut Ema menjelaskan, kehadiran hetero space yang ada di Jateng dan berada di tiga wilayah itu untuk menjawab kesulitan atau kendala para pelaku UMKM maupun calon entrepreneur muda.

Selama ini, kendala yang dihadapi pelaku UMKM adalah keterbatasan ruang gerak memasarkan produk.

“Salah satu yang menjadi penghambat adalah mutu kemasan dan tampilan yang seadanya,” pungkasnya. (Bud)