Joss! Ada UMKM Terima Order Dari Kazakhstan Saat Ikut SMEXPO 2023

Pemilik Diby Leater
Pemilik Diby Leater saat melayani calon pembeli di SMEXPO 2023 Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM-Gelaran Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) Semarang resmi berakhir, sejak dibuka pada 3-5 November 2023.

Terdapat 30 pelaku UMKM yang mengikuti gelaran SMEXPO 2023, setelah dilakukan kurasi dari Pertamina.

Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan kegiatan SMEXPO 2023, merupakan bentuk dukungan dari Pertamina terhadap pelaku UMKM sebagai mitra binaan. Pernyataan itu disampaikan melalui siaran pers secara daring, Senin (6/11).

Brasto menjelaskan, ada beberapa pelaku UMKM mitra binaan berhasil menghabiskan produk dagangannya sebelum penutupan.

Beberapa di antaranya adalah produk makanan dan minuman.

Menurut Brasto, Pertamina SMEXPO Semarang juga menjadi ajang memerluas akses pasar lebih jauh dengan memertemukan calon pembeli potensial.

Tidak hanya di skala lokal atau nasional, tapi hingga internasional.

“Omzet yang diterima tenant yang ikut mencapai hingga Rp240 juta dari 30 tenant. Ada produk-produk UMKM yang laris manis di acara SMEXPO di antaranya cokelat Omah Jogja, ada sirup secang dan lain sebagainya. Ada mitra binaan yang mendapat potensial buyer dari Kazakhstan,” kata Brasto.

Lebih lanjut Brasto menjelaskan, untuk Diby Leater tersebut mendapat pembeli potensial dari Kazakhstan.

Diby Leater menjual kerajinan berupa kulit yang dibuat tas, dengan menggunakan water painting yang selain estetik juga ramah lingkungan.

“Pertamina SMEXPO diselenggarakan bukan hanya untuk meningkatkan omzet dari mitra binaan, tapi juga untuk mendapatkan potensial buyer baik yang berasal dari lokal atau nasional maupun internasional,” pungkasnya. (Bud)