Polda Jateng Siap Amankan Gelaran Piala Dunia U-17 di Solo

Kombes Pol Satake Bayu
Kombes Pol Satake Bayu, Kabid Humas Polda Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM-Polda Jawa Tengah telah menyiapkan skenario pengamanan, terkait kompetisi Piala Dunia U-17 yang digelar di Stadion Manahan Surakarta.

Polda Jateng juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Stadion Manahan, namun hal itu bersifat kondisional.

Kabid Humas Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan pihaknya akan melakukan pengawalan ketat, selama gelaran Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan Kota Surakarta. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di sela kegiatan dengan media, belum lama ini.

Bayu menjelaskan, ribuan petugas kepolisian akan dikerahkan untuk mengamankan kompetisi sepakbola bertaraf internasional tersebut.

Setidaknya disiapkan kurang lebih 4.258 personel gabungan, ditambah personel di polres di sekitar Kota Solo.

Menurut Bayu, ribuan personel itu akan tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Wilayah (Pamwil) Jateng Operasi Aman Bacuya dari 10 November sampai 2 Desember 2023.

Nantinya, Kodam IV/Diponegoro juga akan mengirimkan 410 personel sebagai bantuan perkuatan pengamanan.

“Personel pengamanan dibagi dalam beberapa satgas. Ada tujuh satgas. Tim nanti juga menerjunkan dari Jihandak Brimob melakukan sterilisasi, baik di hotel maupun di stadion,” kata Bayu.

Lebih lanjut Bayu menjelaskan, pengamanan yang dilakukan di sekitar Stadion Manahan Solo meliputi tempat-tempat latihan dan mengamankan akomodasi serta kegiatan sehari-hari dari tim yang akan bertanding di Jateng.

“Masyarakat yang menyaksikan, diimbau bisa menjaga kondisi dengan tetap bersikap sportif. Kami berharap, pelaksanaan Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan Solo bisa berjalan dengan aman dan lancar,” tandasnya. (Bud)