Joss! Optimisme Konsumen Jateng Masih Kuat

Ndari Surjaningsih
Ndari Surjaningsih, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah mencatat, tingkat konsumsi masyarakat provinsi ini masih terjaga dengan baik.

Hal itu terlihat, dari optimisme konsumen pada Juni 2023 terhadap perekonomian Jateng meningkat.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Ndari Surjaningsih mengatakan kondisi tersebut terlihat dari hasil survei konsumen menunjukkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 135,82, lebih tinggi dari IKK pada Mei 2023 sebesar 134,22. Hal itu dikatakan melalui siaran pers, Jumat (14/7).

Ndari menjelaskan, meningkatnya optimisme konsumen terhadap ekonomi Jateng ditopang tetap tingginya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

“Tingginya IKE didukung oleh indikator penghasilan, ketersediaan lapangan kerja dan konsumsi barang-barang kebutuhan tahan lama,” kata Ndari.

Lebih lanjut Ndari menjelaskan, untuk persepsi responden kondisi enam bulan ke depan yang menguat didukung komponen ekspektasi penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja serta kegiatan usaha.

Sementara itu, secara nasional survei konsumen pada Juni 2023 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat.

Hal ini tecermin dari IKK Juni 2023 yang terjaga dalam zona optimis (>100) pada level 127,1.

Terjaganya optimisme konsumen pada Juni 2023, didorong tetap kuatnya IKE dan IEK.

IKE tetap terjaga terutama didukung indeks penghasilan saat ini yang tetap stabil dibandingkan bulan sebelumnya.

Sementara itu, IEK tetap kuat terutama didorong komponen Indeks Ekspektasi Penghasilan yang meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. (Bud)