KC Resmikan Gerai Sehat Losari Medika Dompet Dhuafa di Brebes

Gerai Sehat Losari Medika Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa meresmikan Gerai Sehat Losari Medika Dompet Dhuafa, Rabu, 9 Agustus 2023 di Desa Blubuk Losari Kabupaten Brebes Jateng. (Foto Dok. Dompet Dhuafa)

Brebes, Idola 92.6 FM – Sebagai upaya memperluas jangkauan layanan kesehatan, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) meresmikan Gerai Sehat Losari Medika Dompet Dhuafa, acara peresmian ini berlangsung pada hari Rabu, 9 Agustus 2023 di Desa Blubuk, Losari, Kabupaten Brebes. Lokasi ini juga merupakan tempat berdirinya gedung Gerai Sehat Losari Medika Dompet Dhuafa.

Sejumlah pelayanan yang akan bergulir di Gerai Sehat ini diantaranya poli umum dan pemeriksaan ibu dan anak, pelayanan tersebut akan dibuka dari hari Senin sampai Jumat dengan waktu layanan dari pagi hingga malam.

Menurut dr. Zainab Aqila selaku Plt. Senior Officer Respon Darurat Kesehatan dan Layanan Kesehatan LKC Pusat, saat ini Gerai Sehat Losari Medika telah membuka pelayanan berbasis dokter praktek mandiri.

“Target layanan kita adalah fokusnya pada masyarakat dhuafa atau masyarakat yang kurang mampu dengan sistem kepesertaan yang akan diverifikasi. Jadi ketika ada masyarakat yang ingin berobat untuk pertama kali akan diberikan layanan secara gratis jika tidak memiliki dana atau jika masuk kategori dhuafa selanjutnya akan dilakukan verifikasi berkas untuk menentukan status kepesertaanya,” kata dr. Aqila dalam siaran persnya.

Gerai Sehat Losari Medika Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa meresmikan Gerai Sehat Losari Medika Dompet Dhuafa, Rabu, 9 Agustus 2023 di Desa Blubuk Losari Kabupaten Brebes Jateng. (Foto Dok. Dompet Dhuafa)

Hadirnya pelayanan di Gerai Sehat Losari Medika Dompet Dhuafa ini tidak lepas dari kolaborasi yang dijalin oleh berbagai pihak, diantaranya Losari Medika dan Pemerintah setempat.

Slamet Riyadi yang menjabat sebagai Camat Losari menyampaikan apresiasi atas peresmian Gerai Sehat Losari dan berharap dapat menyelesaikan permasalahan kesehatan yang ada di wilayahnya.

“Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Gerai Sehat Losari Medika dengan harapan ke depan akan dapat mengambil peran terkait dengan permasalahan-permasalahan kesehatan yang ada di Kabupaten Brebes, khususnya di Kecamatan Losari,” ujar Slamet.

Selanjutnya, Eros selaku perwakilan dari pihak Losari Medika berharap melalui kolaborasi ini dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat dan ada pengembangan-pengembangan yang bersifat inovatif terkait dengan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Saya merasa yakin dengan bermitra dengan Dompet Dhuafa, Insya Allah pelayanan kesehatan terutama berbasis pada pelayanan kesehatan yang tidak mampu itu bisa terlaksana dengan baik karena melihat pengalaman Dompet Dhuafa yang sudah banyak mengelola sekian Gerai Sehat yang seperti ini yang Insya Allah dari laporannya itu bermanfaat bagi orang banyak,” tandas Eros. (her/yes/ao)