Thailand Bakal Jajaki Kerja Sama Pertanian dan Green Energy

Seorang petani sedang membajak sawah
Seorang petani sedang membajak sawah

Semarang, Idola 92,6 FM – Thailand akan menjajaki kerja sama dengan Indonesia khususnya Jawa Tengah, di bidang investasi dan pertanian.

Selain itu juga membahas potensi kerja sama di bidang budaya, green energy hingga carbon credit.

Duta Besar Thailand untuk Indonesia Prapan Disyatat mengatakan untuk kali pertama datang ke Jateng, pihaknya ingin membahas proyek kerja sama mengenai pertanian san energi bersih. Hal itu dikatakan usai bertemu Gubernur Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, kemarin.

Prapan menjelaskan, selama ini pemerintah Thailand telah mengamati perkembangan pertanian di Indonesia khususnya di Jateng.

Pertanian di Thailand saat ini sudah ada kemajuan untuk teknologi pertanian, sehingga pihaknya ingin membantu dan bekerja sama dalam bidang tersebut

“Kita bicara soal kerja sama di bidang pangan, teknologi, green energy dan sebagainya. Apapun potensi bisa kita kerja samakan,” kata Prapan.

Lebih lanjut Prapan menjelaskan, Indonesia dan Thailand memiliki banyak kesamaan.

Kebutuhan pangan dan kemandirian pertanian menjadi penting bagi Indonesia maupun Thailand, sebab tantangan yang dihadapi saat ini salah satunya adalah climate change yang berpengaruh dalam produksi pertanian.

“Kerja sama Indonesia-Thailand perlu untuk ketersediaan pangan masing-masing negara atau suplai,” pungkasnya. (Bud)