Ciptakan Pemilu Damai, Polda Jateng Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2024

Mobil water canon
Mobil water canon saat menghalau para "pendemo" dalam simulasi pengamanan Pemilu 2024.

Semarang, Idola 92,6 FM – Polda Jawa Tengah menggelar simulasi pengamanan Pemilu 2024 yang dipusatkan di Kabupaten Magelang, kemarin.

Kegiatan Pemilu 2024 dilakukan tim gabungan dari TNI/Polri beserta stakeholder lainnya, dengan total personel 1.392 orang

Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan latihan pengamanan Pemilu 2024 dilakukan, untuk mengamankan setiap tahapan yang mempunyai potensi kerawanan.

Oleh karena itu, anggota TNI/Polri berikut stakeholder dilatih menghadapi situasi yang berkembang di lapangan selama masa Pemilu 2024 berlangsung.

Menurutnya, pihak kepolisian telah memetakan bentuk gangguan kamtibmas menjelang dan selama Pemilu 2024.

Termasuk pengawasan di ruang dunia maya melalui patroli siber, yang dilakukan Direktorat Reskrimsus dengan klausul virtual police.

“Sehingga inilah role model yang harus dilalui dan dipahami oleh anggota, mana kala nanti terjadi hal-hal minimal Anda sudah paham. Karena permasalahan berkembang sesuai wilayahnya masing-masing, sehingga wilayah kita bisa terkendali,” kata kapolda.

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, seluruh personel kepolisian maupun TNI sudah dipersiapkan untuk menghadapi kemungkinan selama masa pengamanan masa Pemilu 2024.

Seluruh wilayah di Jateng menjadi prioritas, dan mendapatkan pengamanan yang sama selama pesta demokrasi berlangsung.

“Semua kita siapkan untuk menghadapi segala kemungkinan. Harapan kita Pemilu 2024 bisa berjalan aman dan lancar serta damai,” tegas kapolda. (Bud)