Mantap! Warga Jateng Tingkat Optimismenya Naik

Ndari Surjaningsih
Ndari Surjaningsih, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah mencatat, optimisme konsumen terhadap perekonomian di provinsi ini terus meningkat.

Peningkatan tersebut tercermin dari hasil survei konsumen pada Mei 2023, menunjukkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 134,22 lebih tinggi dari IKK pada April 2023 sebesar 132,05.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Ndari Surjaningsih mengatakan menguatnya optimisme konsumen terhadap ekonomi di provinsi ini, ditopang Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang meningkat. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, hari ini.

Ndari menjelaskan, kuatnya IKE didukung persepsi masyarakat yang membaik pada indikator penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja serta konsumsi barang-barang kebutuhan tahan lama.

“Persepsi responden untuk kondisi enam bulan ke depan (IEK) juga membaik yang dipengaruhi perbaikan komponen ekspektasi penghasilan, ketersediaan lapangan kerja dan kegiatan usaha,” kata Ndari.

Sementara itu dikutip dari situs resmi Bank Indonesia menyebutkan jika kinerja penjualan eceran secara tahunan diprakirakan tumbuh positif pada Mei 2023.

Hal tersebut tecermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Mei 2023 sebesar 234,2, atau tumbuh positif sebesar 0,02 persen (yoy).

Kinerja penjualan eceran tersebut didorong Kelompok makanan, minuman dan tembakau serta subkelompok sandang yang diprakirakan tetap tumbuh positif

Secara bulanan, penjualan eceran diprakirakan berada pada fase kontraksi sebesar 3,6 persen (mtm).

Dari sisi harga, responden memprakirakan tekanan inflasi akan menurun pada Juli 2023 dan relatif stabil pada Oktober 2023. (Bud)

Artikel sebelumnyaMengenal Aipda Muhammad Irvan, Penggagas Panti Khusus Lansia dan Yatim Berkonsep Hotel Dari Singkawang
Artikel selanjutnyaKurbanaval #SatuKurbanBanyakKebaikan, Serukan Masyarakat Berkurban Demi Kesejahteraan