Mengenal Aipda Muhammad Irvan, Penggagas Panti Khusus Lansia dan Yatim Berkonsep Hotel Dari Singkawang

Aipda Muhammad Irvan
Aipda Muhammad Irvan Anggota Polres Singkawang, Penggagas Panti Khusus Lansia dan Yatim Berkonsep Hotel di Singkawang Kalimantan Barat. (Dok Ivan)

Singkawang, Idola 92.6 FM – Rasa kemanusiaan menggerakkan anggota Polri di Kepolisian Resor (Polres) Singkawang Kalimantan Barat ini. Ia mendirikan sebuah panti untuk lansia dan yatim piatu. Tak cukup di situ, tak berupa hunian biasa, ia membangun pantinya berkonsep hotel.

Sosok itu adalah Aipda Muhammad Irvan atau yang dikenal Ivan, anggota Polres Singkawang. Panti jompo ‘rasa hotel ” itu ia bangun untuk membuat nyaman bagi lansia.

“Awalnya mereka tinggal di rumah saya, rumah pribadi saya, awalnya satu, seiring berjalannya waktu tambah satu lagi, tambah lagi satu, akhirnya tidak muat, sudah diisi tujuh orang,”tutur Ivan kepada radio Idola, pagi (14/06) tadi mengawali ceritanya mengapa membangun panti “rasa hotel” untuk lansia, anak yatim dan orang tak mampu.

Aipda Muhammad Irvan
Sudah hampir 4 tahun ini, Aipda Muhammad Irvan Anggota Polres Singkawang merawat lansia, anak yatim dan orang tak mampu. (Dok Ivan)

Pada awalnya, Ivan membangun 6 kamar. Namun sekarang justru terbangun 24 kamar. Ivan sadar betul, bahwa orang tua yang dirawatnya butuh tempat tinggal yang nyaman dan perhatian.”Saya tidak bisa mengembalikan waktu mereka yang sudah berlalu, jadi waktu mereka saat ini bersama sayalah, saya bikin mereka betul-betul bahagia,”ungkap Ivan. Menurutnya, memanusiakan manusia itu sangat manusiawi sekali.

Aipda Muhammad Irvan
Menurut Aipda Muhammad Irvan Anggota Polres Singkawang, tidak perlu kita sedarah untuk menjadi saudara. (Dok Ivan)

Kegiatan Ivan mendapat dukungan teman-temannya, nitezen dan keluarga. Termasuk dukungan istri yang seorang dokter, yang rajin mengecek kesehatan para lansia tersebut. Tak hanya itu, nitizen dari luar negeri juga mendukung kegiatan Ivan dengan menjadi donatur. Donatur tersebut para TKI yang bekerja di Hongkong, Taiwan, Singapura dan Jepang.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Aipda Muhammad Irvan, anggota Polres Singkawang yang membangun panti khusus lansia dan yatim berkonsep hotel. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: