Timsel Anggota KPU Jateng Akan Umumkan Hasil Perangkingan Pada Akhir Pekan Ini

Rudinal
Rudinal, Sekretaris KPU Jateng.

Semarang Idola 92,6 FM – Tahapan seleksi anggota KPU Jawa Tengah periode 2023-2028, sudah memasuki babak akhir dari penjaringan.

Tim seleksi (timsel) anggota KPU Jateng yang terdiri dari akademi, praktisi maupun tokoh masyarakat itu telah melakukan proses seleksi administrasi dan tes psikologi dan hasilnya akan diumumkan pada 17-18 Juni 2023.

Sekretaris KPU Jateng Rudinal mengatakan pendaftaran sebagai calon anggota komisioner KPU Jateng, sudah dibuka pada 13-26 Mei 2023 kemarin. Hal itu dikatakan saat ditemui di Hotel MG Setos Semarang, Selasa (13/6).

Rudinal menjelaskan, untuk seleksi bagi calon anggota KPU Jateng setelah dilakukan seleksi administrasi kemudian dilanjutkan tes CAT dan tes psikologi.

Menurut Rudinal, pelamar yang mengikuti tes CAT ada 107 orang dari 115 peserta lolos seleksi.

Sedangkan peserta yang mengikuti tes psikologi ada 106 orang, dengan catatan ada satu orang tidak hadir.

“Pada saat diumumkan yang lolos seleksi administrasi itu ada 115 orang, dan yang mengikuti CAT ada 107 orang. Seleksi hari berikutnya itu yang mengikuti tes ada 106 orang. Sesuai juknis, kita akan umumkan empat kali kebutuhan anggota KPU provinsi. Kalau KPU Jateng komisioner ada tujuh orang, maka yang diajukan itu ada 28 orang yang akan diumumkan di tanggal 17-18 Juni,” kata Rudinal.

Lebih lanjut Rudinal menjelaskan, nantinya dari 28 orang yang lolos itu akan mengikuti tes kesehatan dan wawancara.

Sementara itu untuk seleksi anggota KPU kabupaten/kota di 23 daerah di Jateng, sudah dibentuk lima timsel.

Satu timsel berjumlah lima orang, sehingga total anggota timsel ada 25 orang.

“Proses pendaftaran calon anggota komisioner KPU kabupaten/kota periode 2023-2028, kita mulai hari ini,” pungkasnya. (Bud)