Chabib Wibowo, Sosok Peduli Anak Jalanan dan Lansia dari Yogyakarta

Chabib Wibowo
Chabib Wibowo, salah satu pendiri Yayasan Anugerah Tuhan Hafara bersama penghuni Wisata Rumah Jiwa Hafara. (Photo: Dok Pribadi)

Semarang, Idola 92.6 FM – Mengenal Chabib Wibowo (47), salah satu pendiri Yayasan Anugerah Tuhan Hafara Kabupaten Bantul DI Yogyakarta. Yayasan yang didirikan 15 tahun lalu. Salah salah yang dikelola Yayasan Anugerah Tuhan Hafara adalah Wisata Rumah Jiwa Hafara.

Wisata Rumah Jiwa Hafara adalah pondok bagi para anak jalanan, warga lansia, dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang telantar. Saat ini, ada 94 penghuni pondok itu. Selain itu, pengelola juga mengurus sektiar 800 warga lansia, 50 anak jalanan, dan 200 anak yatim piatu yang tinggal di luar pondok.

Ia menceritakan, pendirian pondok dan yayasan berawal dari keresahan Chabib semasa masih hidup di jalanan. Ia berulang kali terjaring razia yang digelar satpol PP. Meski berkali-kali terjading razia, Chabib tidak pernah merasa benar-benar dibina. Mereka hanya didata, lalu dilepaskan lagi dan kapan pun bisa kembali ke jalan. Bersama sejumlah anak jalanan, ia menemui budayawan Emha Ainun Najib untuk meminta saran, dan mempertemukannya dengan Busyro Muqoddas (Ketua KPK periode 2010-2011).

Selengkapnya mengenai Yayasan Anugerah Tuhan Hafara Kabupaten Bantul DI Yogyakarta, berikut ini wawancara dengan pendiri sekaligus sosok yang peduli pada anak jalanan dan warga lansia, Chabib Wibowo. (her)

Berikut podcast wawancaranya:

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini