Mengenal Perpustakaan Desa Simbangjati Batang bersama Bu Inayati

Anak-anak membaca di Perpusdes Simbangjati
Anak-anak membaca di Perpusdes Simbangjati Kecamatan Tulis Kabupaten Batang Jawa Tengah. (dok Ina)

Batang, Idola 92.6 FM – Geliat literasi di Kabupaten Batang salah satunya tumbuh dari Perpustakaan Desa. Bahkan, dari perpustakaan desa, nama Batang dikenal dalam prestasi bertema literasi secara nasional.

Adalah Perpustakaan Desa (Perpusdes) Simbangjati di Kecamatan Tulis Kabupaten Batang yang lahir pada tahun 2017. Selang beberapa saat kemudian, Perpusdes Simbangjati yang mempunyai koleksi puluhan ribu buku masuk dalam 40 perpustakaan terbaik di Indonesia.

Menurut Inayati pengurus Perpusda Simbangjati, sebelum perpusda dibuka, pihaknya dikumpulkan dan dilatih hingga benar-benar mengerti apa fungsi perpusda oleh pihak sponsor.”Pengelola perpusda dulu bersepuluh, sekarang berdua belas, terdiri dari ketua Karangtaruna, guru SD, pengurus bank sampah, PKK,” tutur Inayati yang juga menjabat sebagai Sekretaris Desa Simbangjati kepada radio Idola, pagi (30/05) tadi.

Kunjungan perwakilan dari PT BPI
Kunjungan perwakilan dari PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) ke Perpusdes Simbangjati Kecamatan Tulis Kabupaten Batang. Selama ini, PT BPI melakukan pendampingan terhadap Perpusdes Simbangjati sejak perpusdes didirikan pada 2017 lalu. (dok Ina)

Inayati, perempuan yang lahir, besar, dan mengabdi di desanya ini menyampaikan bahwa keberadaan perpusda sangat membantu anak-anak dan turut meningkatkan ketrampilan warga. Karena selain anak-anak jadi suka baca buku, ibu-ibu rumah tangga mendapat pelatihan ketrampilan hingga membuka usaha sendiri.

Salah satu kegiatan Perpusdes Simbangjati
Salah satu kegiatan Perpusdes Simbangjati. Selain membaca, nonton film edukasi. (dok Ina)

Lalu upaya apa saja yang dilakukan agar Perpusdes Simbangjati tetap menarik hati warga? Siapa saja pihak yang digandeng?

Selengkapnya, mengenal Perpusdes Simbangjati Kecamatan Tulis Kabupaten Batang Jawa Tengah berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Inayati, pengurus perpusdes yang juga sebagai Sekretaris Desa Simbangjati. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: