Mengenal Rumah Baca Ilalang Blitar bersama Mak Khom

Khomsatun akrab dipanggil Mak Khom
Khomsatun akrab dipanggil Mak Khom Pendiri rumah baca Ilalang Blitar, saat nglapak baca di Nganjuk Jawa Timur. (Dok Khom)

Blitar, Idola 92.6 FM – Untuk mempermudah akses warga terhadap buku-buku, Khomsatun mendirikan rumah baca Ilalang di tempat tinggalnya, Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Blitar Jawa Timur. Mak Khom, panggilan akrabnya, mendirikan rumah baca di rumahnya pada tahun 2015.

Mak Khom mengungkapkan alasan mendirikan rumah baca karena dendam pribadi.”Awal mula dendam karena waktu sekolah gak punya buku,”tuturnya kepada radio Idola Semarang, pagi (01/02) tadi. Untuk itu, ia mulai mengumpulkan buku-buku bacaan agar anak-anak tidak kesulitan dalam mencari buku.

Mak Khom dengan aktivitas nglapak
Mak Khom dengan aktivitas nglapak agar anak-anak mau membaca buku. (Dok Khom)

Untuk membeli buku bacaan tersebut, ia bekerja. Meskipun ada donatur tapi dirasa masih kurang. Mak Khom menambahkan selain digunakan sebagai markas membaca, rumahnya juga digunakan basecamp bagi anak-anak pecinta alam.”Aku dulu biasa jadi pejalan, ngerti rasanya kelaparan, kehujanan,”alasan Ibu tiga anak ini, mengapa rumahnya diperbolehkan untuk basecamp.

Aktivitas Khomsatun sebagai ibu rumah tangga
Di sela kegiatannya membuka rumah baca di rumah, aktivitas sebagai ibu rumah tangga, Mak Khom menyempatkan kemping. Kegiatan yang dilakukan sejak muda terus berlangsung hingga saat ini. (Dok Khom)

Lalu apa tantangannya? Bagaimana minat baca anak-anak di lingkungan Mak Khom? Apakah kira-kira ada “dendam” lain yang ingin diwujudkan?

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Khomsatun, pendiri Rumah Baca Ilalang Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Blitar. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: