Mengenal Sekolah Calon Ayah dan Sekolah Calon Ibu di Sleman

Samsul Husen
Samsul Husen PJ Sekolah Calon Ayah (SCA) & Sekolah Calon Ibu (SCI) di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Sejak didirikan pada tahun 2014, ratusan calon ibu dan calon ayah belajar di sini. (Dok Samsul)

Sleman, Idola 92.6 FM – Setiap anak yang lahir di muka bumi ini akan menjadi tumpuan masa depan keluarga dan bangsa. Sebagai generasi penerus, ia tak lepas dari didikan/asuhan (nurturing) kedua orang tuanya.

Melihat betapa vitalnya peran orangtua dalam mendidik dan mengasuh anak-anaknya, didirikanlah Sekolah Calon Ayah (SCA) & Sekolah Calon Ibu (SCI) di Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Menurut Samsul Husen PJ SCA & SCI, siswanya adalah calon orang tua dan orang tua. Meskipun kebanyakan yang datang akhirnya calon orang tua.”Menjadi orang tua itu seumur hidup,”tutur Samsul kepada radio Idola, pagi (09/06) tadi.

Peserta Sekolah Calon Ibu
Peserta Sekolah Calon Ibu di Kabupaten Sleman Yogyakarta. (Dok Samsul)

Sejak didirikan 2014 lalu, ratusan orang telah belajar di sekolah ini.”Ketika mereka sudah menikah, mereka memakai ilmu dari kita. Bukti lain adalah mereka yang sudah menikah, kembali ke kita. Kita menjadi pendamping seumur hidup,”ungkap Samsul.

Beragam materi diberikan kepada calon orang tua dan orang tua. Seperti cara memandikan bayi, memasak dengan gizi seimbang, mengatur keuangan keluarga, sampai urusan ranjang.

Kegiatan peserta Sekolah Calon Ayah
Kegiatan peserta Sekolah Calon Ayah di Kabupaten Sleman Yogyakarta. (Dok Samsul)

Atas kepeduliannya terhadap pendidikan calon ayah dan calon ibu, Sekolah Calon Ayah & Sekolah Calon Ibu mendapat apresiasi SATU Indonesia Awards tingkat Provinsi 2022.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Samsul Husen, penanggung jawab Sekolah Calon Ayah (SCA) & Sekolah Calon Ibu (SCI) di Kabupaten Sleman Yogyakarta. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: