PGN Selesaikan Pipa Distribusi Gas ke KITB Tepat Waktu

Menteri ESDM Arifin Tasrif
Menteri ESDM Arifin Tasrif saat berkunjung di KITB meninjau progres pembangunan pipa distribusi gas bumi yang dibangun PGN.

Semarang, Idola 92,6 FM-PGN siap menjadi partner Kementerian ESDM, untuk menyukseskan utilisasi Pipa Cisem sebagai salah satu upaya pemerintah meningkatkan akses gas bumi bagi seluruh masyarakat maupun industri.

PGN berkomitmen menyelesaikan pembangunan pipa distribusi, yang terkoneksi dengan Pipa Transmisi Cirebon-Semarang (Cisem) ruas Semarang-Batang.

Pipa distribusi PGN akan memenuhi kebutuhan gas bumi Jawa Tengah, khususnya Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar mengatakan saat ini pembangunan dalam tahap pekerjaan fisik penjajaran pipa sepanjang sekira empat kilometer, penggalian dan lowering pipa serta pengelasan dan pengujian pipa. Hal itu dikatakan saat meninjau KITB mendampingi Menteri ESDM Arifin Tasrif, kemarin.

Achmad menjelaskan, pada tahap awal PGN membangun pipa distribusi sepanjang lima kilometer diameter delapan inchi dan akan dilanjutkan pada tahap pengembangan 2,3 kilometer.

“Pengembangan infrastruktur pipa distribusi gas di KIT Batang kami targetkan selesai bersamaan dengan penyelesaian pembangunan Pipa Cisem pada Agustus 2023. Kami juga membangun infrastruktur pendukung seperti pipa servis dan MRS pelanggan,” kata Achmad.

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz menambahkan, permintaan di KITB Fase 1 sebesar 12 BBTUD dan yang telah berproses menuju PJBG adalah PT KCC Glass Indonesia dengan kebutuhan kurang lebih delapan BBTUD dan PT Rumah Keramik Indonesia sekira empat BBTUD.

Pemenuhan permintaan pelanggan di KITB berasal dari PEPC JTB, dan PGN mempunyai alokasi untuk kebutuhan industri

“Gas untuk KIT Batang dapat meningkatkan market share PGN, baik itu peningkatan volume dan omzet penjualan serta jumlah pelanggan segmen komersial dan industri khususnya di area SOR 3 Jateng Jatim Bali Nusra. Selain itu, akan mengoptimalisasi implementasi inisiatif marketing PGN 360 Integrated Solution sebagai pengembangan bisnis PGN Group,” ucap Faris.

Lebih lanjut Faris menjelaskan, PGN 360 Integrated Solution merupakan layanan terintegrasi PGN berupa pembangunan infrastruktur gas bumi, pemanfaatan gas bumi di berbagai sektor, layanan engineering, operasi dan pemeliharaan serta sistem pendukung lainnya yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Dengan pengoperasian pipa distribusi di KITB, akan meningkatkan eksistensi PGN di Jateng sebagai stimulus pemanfaatan gas bumi. (Bud)