Bisnis Online dan Digital Makin Menjamur, UKM Harus Melek Teknologi Masa Kini

Para pelaku UKM muda milenial
Para pelaku UKM muda milenial berbagi pengalaman dan tips dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi sosial media di acara JNE Ngajak Online 2023 di Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM-Kecanggihan teknologi sekarang ini, harus mampu dimanfaatkan para pelaku UKM dalam pengembangan bisnis usahanya agar semakin dikenal masyarakat dan diminati calon konsumen.

Tidak hanya berpaku pada cara berjualan secara konvensional saja, tapi sudah merambah pada dunia sosial media.

Kepala Cabang JNE Semarang Wahyu Sangerti Alam mengatakan pihaknya mendukung pengembangan dan kemajuan pelaku UKM di Kota Semarang dan sekitarnya. Hal itu dikatakan usai acara JNE Ngajak Online 2023 di Semarang, kemarin.

Oleh karena itu, JNE kembali menghadirkan program unggulan tahunan, yaitu JNE Ngajak Online 2023 Goll..Aborasi di 10 kota besar di Indonesia.

Menurut Wahyu, ajang tersebut merupakan forum bincang bersama pelaku bisnis, dengan memberikan edukasi strategi penjualan di era digital guna meningkatkan potensi UKM dalam berbisnis.

Para UKM dapat berdiskusi bersama pembicara dari kalangan bisnis model yang berbeda-beda.

Wahyu menjelaskan, JNE juga turut mendukung potensi UKM dalam berbisnis di Semarang bisa meningkat.

Yakni dengan peningkatan branding suatu produk, dan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini berjualan secara online.

“Memang kegiatan ini wujud nyata kita untuk mendukung UMKM, biar tetap sustain dan naik kelas. Kita membawahi 18 kabupaten/kota di Jawa Tengah, jadi banyak UKM atau pelaku UMKM yang bermitra dengan kami,” kata Wahyu.

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan, saat ini pihaknya sudah melayani sekira 70 persen pelaku UKM maupun UMKM di wilayah Semarang dan sekitarnya.

Kebanyakan bermain di fesyen dan frozen food, dan semakin mengalami peningkatan sejak pandemi kemarin.

“Ada peningkatan 20 persen memang sejak pandemi kemarin. Karena ada pergeseran tren di masyarakat yang mulai menyukai berbelanja secara online,” jelasnya.

Diketahui, JNE Ngajak Online Goll..Abroasi 2023 dilaksanakan di tujuh kota besar Indonesia lainnya dengan
menghadirkan sejumlah pembicara yang piawai dalam dunia bisnis. (Bud)