Menpora Inginkan Sekolah Selaraskan Prestasi Akademik Dengan Olahraga

Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo
Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo saat disambut sejumlah siswa SSB Terang Bangsa di kawasan Marina, Selasa (9/5).

Semarang, Idola 92,6 FM – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memgajak seluruh sekolah di Tanah Air, untuk bisa menyelaraskan prestasi akademik siswa dengan prestasi olahraga.

Tujuannya, siswa yang berprestasi di bidang olahraga juga tetap bisa mendapatkan pelajaran sesuai siswa lainnya dan berimbang.

Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo mengatakan Sekolah Terang Bangsa mampu memadukan kurikulum pendidikan dengan olahraga, dan hal itu menjadi inovasi baik bagi sekolah sehingga bisa ditiru sekolah lainnya. Pernyataan itu dikatakan saat berkunjung ke Sekolah Terang Bangsa di kawasan Marina Semarang, Selasa (9/5).

Dito menjelaskan, Sekolah Terang Bangsa juga dipandang bisa menyusun kurikulum pendidikan dengan mendatangkan pelatih dari Belanda guna menyelaraskan kurikulum akademik dengan olahraga.

Hal itu dianggap bisa mendukung pengembangan atlit sejak usia dini, tidak hanya mengedepankan perspektif fisik saja tapi juga pendidikan.

Menurut Dito, hal yang dilakukan Sekolah Terang Bangsa bisa menjadi dasar pembinaan atlit usia dini guna mencetak atlit nasional maupun internasional dari Indonesia.

“Ini kan kebetulan sekolah swasta, berarti inisiatif sendiri dari pendiri sekolah tersebut. Ini yang kita apresiasi dan bisa kita jadikan contoh untuk diaplikasikan ke sekolah negeri maupun swasta yang ada di Indonesia. Ini juga yang diharapkan bapak Presiden Jokowi bahwa pendidikan talent scouting dan atlit itu dimulai dari usia dini,” kata dito.

Lebih lanjut Dito meminta kepada para siswa yang memilih jalur prestasi di bidang olahraga dari Sekolah Terang Bangsa, dapat membawa nama besar bangsa Indonesia dan mengibarkan bendera Merah Putih di kancah internasional.

Dito juga meminta kepada Sekolah Terang Bangsa, tidak hanya mencetak atlit sepak bola dan basket saja tapi juga cabang olahraga lainnya.

“Ini bisa menjadi percontohan bagaimana mengembangkan pendidikan yang berbasis keolahragaan. Kami dari Kemenpora siap berkolaborasi dan mensupport kepada para atlit muda berprestasi untuk beasiswa luar negeri,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaApa pentingnya Otonomi dan Kebebasan Akademik?
Artikel selanjutnyaDito: Kasus Atlet Dicurangi di SEA Games Kamboja Sedang Diajukan Sengketa