Menunggu Gagasan Cawapres tentang Ekonomi Kerakyatan: Apa Tantangan Nyata yang Kita Hadapi dalam Isu Ekonomi Kerakyatan Ini?

Ilustrasi
Photo/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Jajak pendapat Litbang ”Kompas” menunjukkan, sebanyak 58,9 persen responden menunggu gagasan cawapres terkait ekonomi kerakyatan pada debat Jumat (22/12) malam.

Sebagian besar masyarakat, mengaku sangat ingin mengetahui gagasan ketiga cawapres terkait ekonomi kerakyatan, infrastruktur, dan ekonomi digital dalam debat calon wakil presiden dengan tema besar seputar ekonomi. Sementara, ketiga cawapres mengaku sudah siap menyampaikan ide sekaligus mendalami gagasan kandidat lain di depan publik. Persiapan matang juga dilakukan untuk mendalami tema debat.

Debat nanti malam merupakan debat kedua dari lima kali debat capres-cawapres yang terdiri dari tiga kali debat antarcapres dan dua kali debat antarcawapres.

Maka, ketika hasil jajak pendapat Kompas menunjukkan sebanyak 58,9% responden menunggu gagasan cawapres tentang ekonomi kerakyatan; Apa yang sesungguhnya menarik di situ? Apakah karena ada sosok Gibran Rakabuming Raka? Atau karena secara faktual memang ekonomi kerakyatan menjadi isu yang sangat menarik untuk diikuti? Apa saja tantangan nyata yang kita hadapi dalam isu ekonomi kerakyatan ini?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber Ekonom/Guru Besar Universitas Airlangga Surabaya, Prof Rahma Gafmi. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: