Nurul Aeni, Inisiator Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) dari Jawa Barat

Nurul Aeni
Nurul Aeni inisiator Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) @inskomed dari Bogor Jawa Barat.(Dok Nurul)

Bogor, Idola 92.6 FM-Sebagai salah satu upaya untuk berkontribusi mewujudkan perempuan dan guru berdaya, sosok satu ini menginisiasi sebuah komunitas untuk menunjang kegiatan belajar mengajar anak. Ia mendirikan Komunitas Media Pembelajaran atau disingkat KOMED pada 2014 lalu.

Sosok itu adalah Nurul Aeni. Ia dikenal sebagai inisiator Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) @inskomed dari Bogor Jawa Barat. Bersama Siska Distiana, Nurul Aeni membangun dan mengembangkan Komunitas Media Pembelajaran sebagai bagian dari Dompet Dhuafa. Saat ini KOMED sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. “Sekarang sudah 23 wilayah,”tutur Nurul kepada radio Idola, pagi (27/10) tadi. Dari 23 wilayah tersebut tercatat ada sekitar 300 orang yang aktif.

Menurut Nurul, setiap tahun komunitas ini melakukan pertemuan rutin termasuk juga workshop baik secara daring maupun luring. Tujuannya untuk menghasilkan media pembelajaran.

Nurul telah membuat puluhan media pembelajaran baik berbentuk permainan alat peraga, diorama, dan games. Media-media pembelajaran tersebut bisa dimanfaatkan anak untuk belajar di sekolah ataupun di rumah.

Tim Building Pengurus KOMED pada KOMED Camp April 2023.(Dok Nurul)

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Nurul Aeni, Inisiator Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) dari Bogor Jawa Barat. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: