PGN Pastikan Pembangunan Pipa Distribusi Gas Bumi Semarang-Kendal Lancar

Pembangunan pipa distribusi gas bumi
Manajemen PGN melakukan peninjauan pembangunan pipa distribusi gas bumi Semarang-Kendal.

Semarang, Idola 92,6 FM – Menjelang Lebaran, PGN memastikan pembangunan infrastruktur pipa gas bumi di Kabupaten Kendal tetap berjalan.

PGN berkomitmen menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target, yakni pada Triwulan III 2023 dan segera dioptimasi untuk distribusi gas bumi di areal Kendal dan sekitarnya.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar mengatakan pipa distribusi Kendal yang mulai dibangun pada awal Desember 2023 telah berprogres, di antaranya mobilisasi pipa dilanjutkan dengan pekerjaan penjajaran pipa (stringing) dan welding untuk section Horizontal Directional Drilling (HDD) di KP3+850 serta perijinan untuk penempatan di ruas jalan tol crossing. Hal itu dikatakan saat melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan, kemarin.

Achmad menjelaskan, pararel perizinan untuk penempatan pipa di ruas jalan tol itu PGN berkoordinasi dengan pengelola ruas jalan tol.

Saat ini, perizinan juga tengah berproses untuk crossing.

Menurutnya, ruas pipa yang melintas pada jalur transportasi publik itu PGN menjaga pekerjaan agar tetap tertib dan aman sesuai dengan aspek-aspek HSSE.

“Meskipun tengah menjalani bulan suci Ramadan dan menjelang hari Raya Idul Fitri, pelaksanaan pengembangan infrastruktur pipa gas distribusi area Kendal tetap berlanjut. Pengadaan pipa sudah selesai dan secara bertahap sedang dalam proses pengiriman ke stockyard,” kata Achmad.

Lebih lanjut Achmad menjelaskan, melalui pipa distribusi Semarang-Kendal itu pada tahap awal PGN akan melayani kebutuhan gas bumi di Kawasan Industri Kendal (KIK) sekaligus sebagai pemanfaatan Pipa Transmisi Cirebon Semarang (Cisem).

Dengan kapasitas pengangkutan gas sebesar 13 MMSCFD, sumber gas berasal dari PEPC Jambaran Tiung Biru.

“Secara bertahap, pipa distribusi yang terintegrasi dengan KI Kendal akan dibangun agar dapat melayani kawasan industri lainnya serta dapat melayani komersial, transportasi, dan rumah tangga di sekitarnya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaJelang Lebaran, Operator Telekomunikasi Tingkatkan Kapasitas Jaringan
Artikel selanjutnyaMenyoal Permintaan Sedekah Sarung Anggota DPR pada Pertamina, Etiskah?